BPBD Ngawi Siaga Tanggap Bencana Hidrometeorologis

KBRN, Ngawi : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi bersama unsur terkait siaga tanggap bencana hidrometeorologis di sejumlah posko siaga di daerah rawan bencana di Kabupaten Ngawi. Posko antaralain di Paseban Pendopo kabupaten Ngawi dan di Kwadungan Kabupaten Ngawi.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ngawi Teguh Puryadi menyampaikan selain respon cepat untuk tugas kemanusiaan penanganan erupsi Gunung Semeru di Lumajang, sejumlah petugas BPBD kabupaten Ngawi dan unsur relawan siaga tanggap bencana hidrometeorologis. Petugas dan sejumlah peralatan telah disiapkan di sejumalh titik posko siaga bencana.

“Banjirnya ya sekitar aliran sungai baik dari Sungai Madiun maupun Sungai Bengawan Solo, tapi sementara ini masih biasa saja, mudah-mudahan tidak (banjir-red). Karena biasanya itu angina, ya pancaroba seperti hujan disertai angin“kata Teguh.

Pemetaan BPBD Kabupaten Ngawi daerah rawan banjir di wilayah Kabupaten Ngawi yakni daerah di sekitar aliran Sungai Kali Madiun dan Bengawan Solo. 10 Wilayah kecamatan rawan banjir antaralain Kecamatan Kwadungan, Pangkur, Padas, Ngawi, Geneng, Kedunggalar, Pitu, Karanganyar, Widodaren dan Mantingan. Sedangkan daerah rawan longsor ada empat kecamatan di sekitar Gunung Lawu, antara lain kecamatan Sine, Ngrambe, Kendal dan Jogorogo. Sedangkan daerah rawan angin kencang hampir menyuluh di wilayah Kabupaten Ngawi.(Mk)

Foto/ilustrasi : google/net

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar