Pelatihan Kerajinan Dukung Pariwisata di Madiun

KBRN, Madiun :  Sekitar 90 orang anggota koperasi di sekitar kawasan destinasi wisata di Kabupaten Madiun selama 3 hari ini mengikuti pelatihan pembuatan barang-barang kerajinan. Setelah mengikuti kegiatan yang berlangsung di Balai Diklat ini para peserta diharapkan nantinya bisa menjadi penunjang destinasi wisata melalui daya tarik  yang mereka buat. Kasi  Pemberdayaan Pengembangan Usaha Koperasi  Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Mikro Kabupaten Madiun,  Citra Novianto, (25/11/2020) mengatakan, untuk kegiatan ini pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun dalam menentukan fokus dan lokus guna mendapatkan hasil maksimal setelah pelatihan.

“Kebetulan hari ini kami berkolaborasi dengan disparpora, kami bekerjasama dengan tim dari disparpora untuk mempresisikan focus dan locus dari para peserta ini agar nantinya bisa didapatkan hasil yang maksimal setelah kegiatan ini dilatih”, katanya.

Sebelumnya, para peserta juga telah mengikuti kegiatan pelatihan pemberdayaan koperasi sektor riil,  marketing dan pengembangan unit simpan pinjam koperasi melalui finansial manajemen.  Kegiatan ini, menurut   Citra Novianto, akan ditindaklanjuti dengan pendampingan usaha dan fasilitasi sektor keuangan.

“Pasca kegiatan ini, kami akan memberikan pendampingan berupa pendampingan kelembagaan, pendampingan usaha , kemudian pendampingan di sektor keuangan yaitu memfasilitasi  perikatan dengan lembaga pembiayaan yang ada di Indonesia, baik itu perbankan maupun produk-produk dari kementerian maupun propinsi Jawa Timur serta Kabupaten Madiun”, kata Vian (panggilan akrab Novianto).

Dengan pelatihan dan pendampingan itu  diharapkan dapat mengurangi masalah eksternal yang dihadapi usaha koperasi sektor simpan pinjam dan sektor riil, diantaranya rendahnya income dan besarnya biaya transaksi karena iklim usaha yang kurang mendukung akibat covid-19.  (Haryo)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00