Melukis Bersama, Warga dan Perupa Madiun Deklarasikan Hari Menggambar Nasional

KBRN, Madiun : Tak hanya hari tari dan hari musik nasional, seni menggambar juga harus diberikan apresiasi dan pengakuan. Untuk itu belasan pelukis dan warga Madiun mendeklarasikan Hari Menggambar Nasional di Ngrowo Bening, Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu (14/5/2022) sore. Usai deklarasi, merekapun mengelar kegiatan menggambar bersama.

Dwi Kartika Rahayu, salah seorang panitia deklarasi  mengatakan kegiatan tersebut digelar untuk mendorong seni gambar mendapatkan ruang dan kesempatan yang lebih besar.  Sekaligus deklarasi untuk menetapkan hari peringatan Menggambar Nasional.

“Selama ini kan hari menggambar nasional belum ada secara resmi. Kalau hari tari kan sudah ada, hari musik juga sudah punya. Ini untuk hari menggambar,” kata dia

Kartika menuturkan Hari Menggambar Nasional akan diperingati setiap tanggal 2 Mei. Penetapan itu  dibarengkan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional.

“Deklarasi ini diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan iikuti 250 komunitas,” ujarnya.

Dia menjelaskana alasan mengapa hari menggambar dibarengkan dengan Hari Pendidikan Nasional, karena menggambar merupakan bagian dari pendidikan dasar. Menggambar juga menjadi medium pembelajaran dasar bagi anak-anak.

“Menggambar ini kan salah satu media pembelajaran dasar. Menggambar juga melatih motorik,” tegas Kartika.

Usai deklarasi tersebut, pihaknya juga akan menggelar pameran lukisan di Sidorejo, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Dalam pameran itu akan menampilkan belasan karya lukisan dari perupa di Madiun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar