Polres Aceh Utara Terima Pangaduan Penipuan Jual Beli Online

KBRN, Aceh Utara :  Kasus penipuan pembelian barang via online kini marak terjadi di Aceh Utara. saat ini, kasus-kasus itu sedang ditangani penyidik di Unit Tindak Pidana Umum (Tipidum) dan Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Aceh Utara.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto, melalui Kasat Reskrim AKP Rustam Nawawi kepada RRI mangatakan, sejak Januari hingga Agustus 2020 penyidik Unit Tindak Pidana Umum (Tipidum) telah menerima tiga kasus pengaduan dari warga Aceh Utara yang menjadi korban penipuan jual beli barang via online.

“Korban kasus penipuan beli online ini rata-rata mereka tergiur dengan pelelanggan dengan barang murah, yang diposting di Facebook seperti handphone dan Laptop, Pelaku yang melakukan penipuan tersebut kebanyakan menggunakan akun pribadi, bukan akun perusahaan,”kata AKP Rustam, , Senin (12/10/2020).

Dikatakan, tahun 2020, ada sejumlah kasus penipuan via online ini diantaranya  kasus penipuan pembelian handphone dan Laptop, setelah uang dikirim oleh korban  merupakan  pemilik Conter Hanphoene di Kecamatan Tanah Jambo Aye  Aceh Utara, barang yang dibeli ternyata tidak sampai, sehingga mengalami kerugian mencapai Rp18 juta .

“Kasus penipuan  ini juga marak terjadi pada tahun 2019. Salah satu warga Lhoksukon, tertipu mencapai Rp50 juta ketika membeli handphone murah via online, setelah uang dikirim barang oleh korban ternyata tidak sampai, Namun pelaku hanya mengirim kotak Hanphone,”terangnya.

Oleh karena itu, AKP Rustam menghibau kepada masyarakat, agar tidak mudah tergiur dan percaya dengan harga yang murah, dan kedepan Lebih selektif dalam memilih dan membeli barang online jika ditawarkan dengan harga murah.

“Pelaku dominan berada di luar pulau Sumatera, sedangkan lokasi pelaku yang paling dekat di Batam. Jadi itu menjadi kesulitan untuk kita menangkap tersangka, maka kedepan menjadi pelajaran kepada masyarakat yang membeli barang melalui online.”pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00