DPRK Aceh Utara Dukung Kepulangan TKI Dari Malaysia

KBRN, Aceh Utara : Politisi Partai Aceh (PA) dan Politisi Partai Gerindra, dari Komisi III DPRK Aceh Utara , sangat mendukung inisiatif mantan Wakil Gubernur Aceh periode 2012-2017 lalu,  H. Muzakir Manaf (Mualem) untuk memfasilitasi pemulangan Tenaga Kerja Indonesia ( TKI ) asal Aceh yang berada di Malaysia.

“Sudah sepatutnya kita apresiasi kepada Ketua Umum Dewan Pimpinan Aceh (DPA) Partai Aceh, tentang isiatifnya untuk  memulangkan warga Aceh di Malaysia, apalagi ditengah Covid-19 ini, tentu  mereka sangat keinginan pulang ke kampung halamannya ditengah pendemi Covid-19 saat ini,”ujar Ketua Komisi III, Razali Abu, Rabu (1/7/2020).

Menurut Politisi Partai Aceh Ini,  berdasarkan informasi  yang diterima dari Masyarakat Aceh di Malaysia,  bahwa aktivitas pekerja asing termasuk TKI asal Aceh banyak  yang kehilangan pekerjaan pasca lookdown, bahkan sebagian TKI Aceh sangat sulit untuk memenuhi biaya hidup sehari hari disana.

“ Ada 10 ribu lebih warga Aceh di Malaysia, Namun saat ini sedang di data berapa TKI yang ingin pulang, kemungkinan ada sekitar 3000 TKI yang akan pulang, Namun sesampai di Aceh mereka tetap mematuhi protokoler kesehatan, termasuk menjalani rapid test.”terang Razali Abu.

Sementara Politisi Partai Gerindra, yang merupakan Sektaris Komisi III DPRK Aceh Utara, Jufri Sulaiman, meminta pihak KBRI di Malaysia bisa memfasilitasi sehingga tidak ada warga Aceh yang tertinggal yang tidak bisa pulang, terutama yang sudah tidak berlaku permitnya.

“Warga muslim Rohingya saja kita tampung dan terima di Aceh, apalagi  ini saudara kita sebangsa yang kini menderita di negeri orang. Ini tugas dan tanggungjawab moral bersama, untuk peduli terhadap upaya pemulangan mereka di perantauan, sehingga bisa berkumpul dengan keluarga masing-masing di tengah Covid-19.”pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00