Milad GAM- ke 43, Mantan Kombatan GAM Wilayah Pase Gelar zikir dan Doa Bersama

KBRN, Lhoksukon : Ratusan mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang tergabung dalam Komite Peralihan Aceh (KPA) Wilayah Pase, Kabupaten Aceh Utara mengelar zikir dan  doa bersama dalam rangka memperingati Milad GAM ke 43.

Zikir dan doa bersama untuk memperingati hari dicetusnya GAM oleh Alm Tgk Muhammad Hasan Ditiro pada 4 Desember 1976, digelar di kantor DPW Partai Aceh di Gampong Mancang, Kecamatan Samudera, Rabu (4/12/2019).

Dalam kegiatan tersebu, turut hadir Ketua KPA Wilayah Pase, Teungku Zurkarnaini Hamzah, Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, anggota DPR Aceh dan DPR Kabupaten Aceh Utara dari Partai Aceh, ratusan mantan Kombatan Gam serta sejumlah petingga Gam wilayah pase.  

Juru bicara (Jubir) KPA/PA Wilayah Pase, M. Jhoni  yang juga Panglima Muda Daerah IV Kepada RRI mengatakan selain zikir dan doa bersama untuk mengenang jasa syuhada, juga menyantuni puluhan anak yatim korban konflik serta tausiah.

“Selain di wilayah Pase, kegiatan yang sama juga digelar disejumlah titik lain, diantanya di daerah sagoe Kecamatan Muara Batu, Dewantara dan sejumlah kecamatan lainnya yang dilakukan mantan Kombatan Gam Sagoe masing-masing,”kata M Jhoni, Rabu (4/12/2019).

Menurut JJuru bicara (Jubir) KPA/PA Wilayah Pase, momentum ini menjadi titik balik mengenang bagaimana pahitnya suatu perjuangan yang panjang untuk mendapat keadilan. Selain itu, peringatan ini sebagai penguat menjaga perdamaian yang telah tercapai dalam perundingan MoU Helsinki di Finlandia antara GAM dengan Pemerintah Republik Indonesia.

“Kami kombatan GAM dan Rakyat Aceh secara umum, mengharapkan adanya konsistensi pemerintah pusat dalam menyelesaikan persoalan Aceh yang dinilai hingga kini belum semua teralisasi sesuai yang tertuang dalam Mou Helsinki, dan sudah berjalan selama 14 tahun, jika tidak segera direaliasasi dikwatirkan terjadi konflik baru,”terangnya.(FUL/MS).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00