KIP Aceh Utara Kembali Buka Kotak Suara

KBRN, Lhokseumawe : Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara, kembali membuka kotak suara pemilu 2019, untuk mengambil formulir model A.DPK-KPU,  kemudian data itu akan di-input ke Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) KPU.

Sebelumnya KIP Aceh Utara telah membuka kotak suara untuk mengambil sejumlah dokumen diantaranya form DAA1-KPU, DA1- KPU, dan DA2-KPU sebagai alat bukti sanketa Pilpres, untuk dihadirkan ke persidangan di MK, Sedangkan A.DPK-KPU untuk Sinkronisasi data ke Sidalih.

Pengambilan dokumen di gudang Kantor KIP Aceh Utara lama Selasa (2/7/2019), dilakukan langsung oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) 27 Kecamatan, turut didampingi Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar dan anggotanya Muhammad Sayuni, Muhammad Usman, Fauzan Novi dan Munzir, yang disaksikan Panwaslih Aceh Utara, aparat keamanan, dan saksi Partai politik .

Ketua KIP Aceh Utara Zulfikar,Pengambilan formulir A.DPK-KPU menindaklanjuti surat KPU RI kepada KIP kabupaten/kota untuk mempersiapkan Daftar Pemilih Khusus (DPK) guna dimasukkan ke dalam Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). 

“DPK itu bersumber pada formulir Model A.DPK-KPU, di mana dokumen tersebut terdapat di dalam kotak suara, pembukaan kotak suara itu tergantung Tempat Pemungutan Suara (TPS) dimana ada pemilih DPK, " kata Zulfikar.

Disebutkan, dokumen yang diambil akan difoto copy setelah itu akan dimasukkan kembali ke dalam kotak suara, setelah itu akan di infut ke Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) agar mudah di akkes masyarakat.

"Makanya kita harus melakukan sinkronisasi Daftar Pemilih Khusus (DPK) berdasarkan nama dan alamat, ke sistem informasi pemilih di Websete KPU, nantinya akan terlihat sesuai dengan apa yang telah kita plenokan," pungkasnya. (FUL/MS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar