Ratusan Warga Binaan LP Lhokseumawe Terima Remisi HUT RI Ke-77

KBRN Lhokseumawe: Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 77, ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lhokseumawe, mendapatkan remisi yang diserahkan langsung oleh Penjabat Wali Kota setempat.

Penjabat Wali Kota Lhokseumawe, Imran mengatakan, mendapatkan remisi ini adalah suatu keberkahan bagi para narapidana, oleh karena itu, manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya.

 "Perilaku dari narapidana ini sangat menentukan bagaimana perlakuan pemerintah kepada mereka. Maka saya juga mengimbau kepada seluruh narapidana yang ada disini untuk dapat berkelakuan baik, sehingga di setiap tahunnya akan mendapatkan remisi," kata Imran, Rabu (17/8).

Lanjut Imran, mendapatkan remisi tersebut merupakan dapat memotong masa tahanan serta mempercepat berkumpul kembali dengan keluarga dan masyarakat.

"Maka kami berpesan, teruslah memperbaiki diri, bahwasanya Lapas ini bukanlah suatu tempat hanya untuk hukuman, tetapi ini adalah lembaga untuk merubah perilaku, lembaga untuk memasyarakatkan, dan juga memberdayakan," ujar Imran.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II A Lhokseumawe, Erry Taruna didampingi Kasubbag TU, Amiruddin mengatakan, dari keseluruhan 602 narapidana, sebanyak 426 yang mendapatkan remisi.

Adapun besaran remisi yang diperoleh yakni, 1 bulan berjumlah 21 orang, 2 bulan sebanyak 54 orang, 3 bulan 195 orang, 4 bulan 39 orang, 5 bulan 85 orang, dan 6 bulan 32 orang narapidana.

 "Sebanyak 87 narapidana dari pidana umum dan 339 pidana narkotika. Pidana korupsi tidak ada," ujarnya.

Erry menambahkan, saat ini pihaknya terdapat lima narapidana kasus korupsi, namun dikarenakan tidak memenuhi dan melengkapi persyaratan maka tidak dapat diusulkan.

 "Untuk kasus koruptor, narapidana ini diharuskan untuk membayar uang pengganti ataupun uang kerugian negara, hanya saja tidak satupun yang memenuhi, pungkas Erry

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar