Kejari- Camat se- Aceh Utara Jalin kerjasama Bidang Pengawasan Pengelolaan DD

Penandatanganan MoU antara kejari dan camat

KBRN, Aceh Utara : Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Utara melakukan penandatangan MoU atau kerjasama  dengan 27 Camat, dalam pembinaan dan pengawasan terhadap seluruh Kepala Desa (852 desa) di Aceh Utara dalam pengelolaan Dana Desa (DD), yang berlangsung di kantor Kejari setempat, Rabu (6/7/2022).

Penandatangan MoU tersebut turut dihadiri Kejari Aceh Utara Dr. Diah Ayu H. L Iswara Akbari, didampingi Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha, Dwi Melly Nova, S.H., M.H, Kasi Intelijen Kejari, Arif Kadarman, S.H., serta para Jaksa Pengacara Negara (JPN) dan 27 camat yang ada di daerah tersebut. .

Kepala Kejari Aceh Utara Dr. Diah Ayu, melalui Kasi Intelijen, Arif Kadarman, kepada sejumlah wartawan mengatakan, kerjasama di bidang perdata dan tata usaha Negara  terkait pembentukan pos jaga desa serta kerjasama dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap seluruh Kepala Desa dalam pengelolaan Dana Desa (DD).

“Pembentukan pos jaga desa ini menindaklanjuti kerja sama antara Kemendes PDTT dengan Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam pengawasan penggunaan dana desa, karena pos jaga desa merupakan solusi preventif untuk menindaklanjuti terjadinya penyimpangan pengelolaan atau penggunaan dana desa dan bertujuan untuk melakukan asistensi. “kata Arif Kadarman, Kamis (7/7/2022).

Lanjutnya, selain itu dalam MoU tersebut, pihaknya juga akan memberikan bimbingan dan penyuluhan hukum kepada aparatur desa serta masyarakat, sehingga mereka lebih memahami atau pengetahuan tentang tata kelola dana desa .

“Penandatanganan MoU itu bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi para pihak dalam bidang perdata dan tata usaha negara, serta meningkatkan efektivitas masalah hukum atau penyelesaian masalah hukum perdata baik di tingkat pengadilan maupun di luar pengadilan.”pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar