Lintas Sektor di Aceh Utara Ikut Sosialisasi Kebijakan Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran

KBRN, Lhokseumawe : Kementerian Pemberdayaan Perempun dan Perlindungan Anak RI bekerjasama dengan Dinas Sosial  Pemberdayaan  Perempuan  dan Perlindungan Anak, Kabupaten Aceh Utara, mengelar sosialisasi Kebijakan Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran kepada 50 peserta dari berbagai lintas sektor, di Aula Hotel Diana Lhokseumawe, Selasa (17/9/2019).

Dalam kegiatan itu turut menghadirkan pamateri diantara kepala bidang pembunuhan hak spartispasi anak Kementerian pemberdyaan perempun dan perlindungan anak RI Skriptandono, Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Aceh Utara Muhammad Zulfadli dan PLT Kepala Dinas Sosial  Pemberdayaan  Perempuan  dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara Zulkarnaini .

Kepala Dinas Sosial  Pemberdayaan  Perempuan  dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara Zulkarnaini, melalui Kabid Perlindungan  Anak, Syarifuddin mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah Tersosialisasinya Nota Kesepahaman mengenai Percepatan Kepemilikian Akta Kelahiran, dan Pemenuhan hak anak untuk Kepemilikan Akta.

“Akta kelahiran tersebut merupakan kartu identitas mutlak anak harus dimiliki oleh anak, sehingga semua hak dan kewajiban mereka  di Indonesia khususnya Aceh Utara akan terlindungi,  dan salah salah satu syarat untuk mengurus Administarsim seperti saat berobat dan masuk  sekolah.”kata Syarifuddin, Selasa (17/9/2019).

Disebutkan dengan kegiatan ini, para peserta dari berbagai lintas sektor untuk serius mengikuti kegiatan sehingga mendapatkan informasi-informasi yang sangat berguna dalam pengurusan administasi kependudukan, khususnya pembuatan akta kelahiran anak.

“Pemkab Aceh Utara akan terus mendorong percepatan kepemilikan akta kelahiran bagi anak. karena akta kelahiran merupakan bagian dari hak sipil anak yang harus dipenuhi, apalagi masih terdapat anak-anak di Indonesia yang belum memiliki akta kelahiran khusunya Aceh Utara.“pungkasnya.(FUL/DY) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00