Jelang Arafah, Petugas Kloter Tinjau Armuzna

KBRN,Makkah : Empat hari atau H-4 menjelang wujuf di Arafah, Maktab (penanggung jawab jamaah haji) membawa seluruh Petugas Haji yang terdiri dari Ketua Kloter TPHI, Pembimbing Ibadah/TPIHI dan Ketua Rombongan (Karom) untuk melihat secara langsung tempat penginapan mirip kemah baik yang ada di Arafah dan Muzdhalifah-Mina (Armuzna).

"Kloter 01 BTJ dan kloter 02 BTJ sama-sama berada di di Maktab 14 Sektor 3 Makkah dan 4 kloter lainnya yang berasal dari Ujung Pandang dan Surabaya," lapor H Akhyar MAg, satu Karom Kloter 1.

Peninjauan ini bertujuan agar memastikan kemah tidak bertukar dengan kloter yang lain, serta memastikan kecukupan akomodasi bagi seluruh jamaah.

Ada peningkatan pelayanan pada musim haji tahun ini, yaitu fasilitas pendingin atau AC adalah keluar terbaru, ambal yang layak, serta di Arafah dan di Mina disediakan tilam dan selimut yang sangat baik bagi seluruh jamaah. Demikian pantauannya.

"Kemudian fasilitas hammam (toilet) yang baru dua tingkat tentu ini akan mengurai panjangnya antrian yang biasa terjadi setiap musim haji," sebutnya.

Seluruh petugas kloter menandai setiap kemah yang menjadi milik mereka dengan pemasangan spanduk yang telah disiapkan.

Keadaan yang sangat sibuk sepanjang mata memandang terlihat baik di Arafah dan Mina para pekerja mempersiapkan segala sesuatu untuk melayani semaksimal mungkin Tamu Allah yang bergerak menuju Arafah pada hari Kamis, 7 Juni 2022, tiga hari yang akan datang.

Menurut salah seorang Petugas Maktab yang mendampingi dalam peninjauan tersebut mengatakan, bahwa sudah dua tahun fasilitas di Arafah dan Mina tidak terpakai akibat Covid 19 melanda, sehingga menambah ekstra pekerjaan yang harus di lakukan.

Seluruh Petugas merasa optimistis pelaksanaan wukuf di Arafah yang merupakan puncak haji dapat berjalan dengan baik.

"Mengenai adanya perbedaan tentang penentuan tanggal 1 Zulhijjah 1443 H antara kerajaan Saudi dan Indonesia tidak menjadi kendala," jelas Tgk Akhyar.

"Getanyoe ikot pemerintah Arab Saudi karena getanyoe sedang di Saudi," ujar Waled (Abdul Muthalib) pimpinan KBIH Allah Mabrur yang ikut dalam rombongan tersebut. Insya Wukuf di Arafah akan dilaksanakan pada hari Jumat, 8 Juli 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar