Tgk Jamaluddin : Zakat Fitrah Diwajibkan Untuk Muslim Dibulan Ramadhan

Pimpinan Pesantren Qari Hafiz Ukhwatul Quran Lhokseumawe Teungku Jamaluddin

KBRN, Lhokseumawe : Majelis Permusyawartan Ulama (MPU) Aceh, beberapa waktu lalu telah memutuskan jika mazhab Syafi'i ketentuan zakat fitrah wajib makanan pokok, yang mana di Aceh paling umum adalah beras, dengan kadar 2,8 kg.

Pimpinan Pesantren Qari Hafiz Ukhwatul Quran Lhokseumawe Teungku Jamaluddin kepada RRI menyebutkan, zakat fitrah merupakan zakat yang diwajibkan untuk muslim pada bulan suci Ramadhan.

“Kewajibanya terhitung saat terlihat bulan syawal, besaran yang harus dikeluarkan perjiwa sebanyak 2,8 kg, itu sesuai dengan kesepakatan seluruh MPU di Aceh, kewajiban bayar zakat itu semenjak terbenam matahari masuk 1 Syawal”kata Tgk Jamaluddin, Selas (4/5/2021).

Menurutnya zakat fitrah ini berbeda dengan zakat-zakat lainnya, seperti zakat atas harta, kecuali orang-orang tidak punya harta atau  tidak mampu, misalnya apalagi untuk bayar zakat fitrah untuk makan sehari-hari tidak ada.

“Zakat fitrah itu bertujuan untuk membersihkan harta dan jiwa manusia itu sendiri serta membantu sesama, untuk penerima zakat fitrah itu ada 8 kategori  diantara, fakir, miskin atau orang tidak memiliki makanan di malam 1 syawal, kemudian untuk amil  yaitu orang yang bekerja saat proses pembagian  zakat, Muallaf dan orang berjuang di jalan Allah,”pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00