Rujak Manis Deka Jus Laris Manis Di Bulan Ramadhan

Rujak Manis Deka Jus Minuman buka Puasa
Rujak manis deka Jus mainuman buka puasa

KBRN, Aceh Utara :Pemilihan menu berbuka sangat mempengaruhi suasana berbuka khususnya dalam memilih minuman favorit salah satunya es rujak manis (Lincah Mameh). Es rujak manis merupakan minuman dingin yang terdiri dari campuran buah dan rasanya segar.

Kuliner ini sangat mudah ditemui di Aceh khususnya saat bulan suci Ramadhan tiba, baik di pusat kota maupun di pusat kecamatan. Sedangkan di hari- hari biasa jarang kita jumpai penjual rujak manis kecuali di tempat tertentu.

Selama bulan Ramadhan, minuman segar ini sering diburu orang menjelang berbuka dan menjadi Incaran warga, seperti yang terpantau di salah satu warung Deka Jus yang berada kawasan Keude Klep, Gampong Alue Kecamatan Tanah Pasir Aceh Utara.

Selain berjualan es rujak manis yang menjadi incaran minuman favorit warga di bulan puasa,  juga menyediakan es kelapa muda dan sop buah serta berbagai jus.

Sementara rujak manis yang dijualnya setiap bulan suci ramadhan yang berwarna kuning akibat campuran buah-buah asam seperti mangga, buah sawo, kwini dan beberapa buah segar lainnya tentu pasti bakal ketagihan apalagi dicampur dengan es sulit lepas dari lidah.

Kepada RRI, Rosmiah (24) pemilik warung Deka Jus, menyebutkan, rujak manis hasil buatannya tidak sama dengan rujak pada umumnya, jika pada umumnya disajikan dalam piring dan disajikan sebagai cemilan. Namun rujak manis ini berbentuk minuman rasanya asam dan manis serta pedas terasa.

“Untuk membuat es rujak manis ini tidak susah, sama juga dengan bahan rujak pada umumnya karena terdapat buah-buahan yang segar. Namun tentu ada tambahan bahan yang berbeda dengan tambahan air dan gula murni tanpa saya campur dengan penyedap manis lainnya.”kata Ibu dua anakn ini.

Menurutnya, rujak manis hasil buatan sendiri khusus tersedia dibulan ramadhan, karena banyak yang pesan, proses pembuatan itu ia mengaku dibantu suaminya  Irfan Mauliza (30) termasuk adiknya.

“Perhari bisa terjual sekitar 200 gelas dengan harga Rp 4000,  pergelas, sedangkan es kelapa sterjual sekitar 20 gelas/ batok dengan harga Rp 4000 perbatok kelapa setelah dicampur., sementara sop buah dan bermacam jus peminatnya perhari 10 hingga 20 pergelas dengan harga Rp 5000, harga yang kita jual lebih murah daripada tempat lain,”terangnya.

Sementara salah satu pembeli rujak manis (Lincah mameh) di warung Deka Jus Junaidi, mengaku setiap sore ia membeli rujak manis, selain rasa enak harga juga murah meriah dan terjangkau.

”Salain es kelapa muda, es rujak manis ini menjadi salah satu minuman favorit saat berbuka puasa, minuman ini kaya akan vitamin karena mengandung beragam jenis buah yang diparut kecil dan mengunakan gula, tanpa pemanis lain,”kata Junaidi

Nah…  bagi yang belum mencicipi lincah mameh (rujak manis)  Deka Jus, salah satu minuman khas berbuka puasa, jika melintas di Jalan Tanah Pasir-Samudera, tepatnya di Keude Klep  Gampong Alue, Kecamatan Tanah Pasir, dari Arah Samudera sebelah kanan  setelah turun jembatan dan dari arah Tanah Pasir sebelah kiri 100 meter sebelum sampai jembatan.  selain Rujak Manis (Lincah Mameh) juga ada beragam just dengan harganya terjangkau.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar