Bappeda: Bukit Dipangkas, Jantho-Lamno Sudah Tembus Dengan Kendaraan Roda Empat

KBRN, Lhokseumawe: Jalan Jantho-Lamno sudah bisa dilewati kendaraan roda empat.

Hal ini dibuktikan Kepala Bappeda Aceh, H T Ahmad Dadek SH MH yang menyempatkan diri melintasi ruas jalan tersebut, Rabu, 18 Mei 2022.

“Setelah bukit di lintasan Jantho-Lamno dipangkas sampai pada ketinggian normal, ruas jalan itu sudah bisa dilalui kenderaan roda empat jenis mobil Toyota Fortuner atau Mitsubhisi Pajero,” kata Ahmad Dadek seperti dikutip RRI.co.id dari Serambinews.com

Dadek mengaku pada bulan lalu sudah melakukan kunjungan ke ruas jalan ini. Hanya saja ketika itu belum bisa dilintasi karena pihak rekanan belum selesai memangkas bukit.

Sepulang dari kunjungan kerja ke ruas jalan Gayo Lues-Babahrot, Abdya, dia mendapat laporan dari rekanan bahwa pemangkasan bukit telah selesai, sehingga Dadek berinisiatif masuk ke ruas jalan tersebut.ketinggian standar, sudah mulai landai dengan menggunakan leter S,” ujar Ahmad Dadek.

Kepala Bappeda ini mengatakan, panjang ruas jalan Jantho-Lamno mencapai 65 kilometer.

Dari Jantho sampai ke perbatasan Aceh Jaya, panjang jalannya 45 kilometer dan dari Lamno sampai ke perbatasan Aceh Besar, panjangnya 25 kilometer.

“Sebagian besar ruas jalan itu sudah teraspal selebar 6 meter dan sebagian lagi belum teraspal.Ada beberapa kilo meter lagi, badan jalan yang belum teraspal,” sebut Dadek.

“Pelebaran badan jalan dan pengaspalan badan jalan, pembangunan drainase kakan kiri badan jalan, pemasangan batu dan lainnya. Apakah bisa tuntas pada akhir Desember 2022, kita lihat saja nanti,” tambahnya.

Ahmad Dadek berkeyakinan, setelah ruas jalan itu difungsikan, nantinya akan menjadi kawasan pertumbuhan ekonomi baru. Antara lain jadi kawasan areal perkebunan, pertanian, peternakan, perikanan darat, perdagangan dan wisata.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar