Pandemi, Pengunjung Perpustakaan Turun

KBRN Lhokseumawe: Sejak Pandemi Covid-19 melanda, aktivitas kunjungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lhokseumawe, mengalami penurunan jumlah pembaca, Demikian diakui kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Moh.Irsyadi ketika ditemui diruang kerjannya senin (30/11/2020)

Dari amatan tim liputan, keberadaan kantor Perpustakaan dan Kearsipan dilokasi Jl. Lingkaran stadion Lr.Pendidikan No.1 Mon Geudong, memang tampak sepi dari aktifitas pengunjung, hanya tampak beberapa petugas diruang baca yang tetap siaga memberikan pelayanan dengan mengedepankan penerapan Protokol Kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 .

Bila biasanya keberadaan ruang Baca ramai dikunjungi masyarakat serta kalangan pelajar tingkat sltp dan slta, akan tetapi dimasa pandemi dikatakan Irsyadi, setiap harinya pengunjung dapat dihitung dengan jari yang berasal dari kalangan Mahasiswa dari sejumlah Universitas.

,”jadi selama pandemi covid minat baca buku diperpustakaan kita disini saa liat memag agak berkurang jika dibandingkan tahun sebelumnya,kalaupun ada adalah para mahasiswa yang ingin menyelseaikan study dari beberap universitas, kadang ada juga satu dua anak anak yang datang berkunjung,”Sebut Kepala Perpustakaan Dan Kearsipan Moh.Irsyadi.

Selain akibat wabah pandemi Covid-19, penurunan pengunjung diperpustakaan pada umumnya juga disebabkan  sistem belajar sekolah diwilayah kota lhokseumawe yang masih belum diberlakukan secara normal sehingga banyak pengunjung yang hanya berdiam dirumah,

Oleh karena itu dalam membangkitkan minat baca ditengah pandemi covid, pihaknya terpaksa memanfaatkan 2 unit mobil keliling  yang ditempatkan disejumlah tempat secara bergantian.

,” Untuk mendekatkan Ilmu pengetahuan kepada masyaraakat , kita manfaatkan 2 Unit Mobil Pustaka Keliling, namun  yang kita lakukan itu juga tidak maksimal  karena kita juga menghindari larangan berkumpul dan tidak boleh lama lama berada disatu tempat,’terang Irsyadi.

Sesuai kebutuhan pembaca, Perpustakaan dan Kearsipan diakui Irsyadi memiliki sekitar 10 ribu buku yang dirincikan sekitar sekitar 6 ribu 500 judul buku bacaaan.

Sementara guna menambah koleksi judul buku bacaan diperpustakaan ini Kepala LPP RRI Lhokserumawe Yusridarto  juga ikut menyerahkan buku bacaan Kumpulan Puisi 'Bicaralah Yang Baik-Baik' Bernilai Persatuan Bangsa, karya Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI) Mohammad Rohanudin

Kumpulan Puisi 'Bicaralah Yang Baik-Baik' Bernilai Persatuan Bangsa, diluncurkan pada bulan Agustus lalu, juga diserahkan Yusridarto untuk menambah koleksi bacaan di Perpustkaan dan Kearsipan Aceh Utara di Lhoksukon.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00