Sebelum Masuk Ruangan Ujian, Siswa di Lhokseumawe Wajib Cuci Tangan

KBRN, Lhokseumawe :  Untuk mencegah penyebaran virus corona  (covid-19), siswa Sekolah Menengah Kejuraan (SMK) Negeri 1 Kota Lhokseumawe wajib mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik sebelum pelaksaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Langkah itu dilakukan untuk megantisipasi penularan virus Corona (Covid-19) sebelum para peserta ujian melakukan cuci tangan yang turut diawasi oleh guru pengawas ujian, turut disaksikan Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Pendidikan (GTK) Dinas PendidikanAceh, Nurhayati, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Lhokseumawe, Anwar Jalil dan kepala sekolah Irwan.

Kepala SMK Negeri 1 Lhokseumawe, Irwan  Mpd, M,Si didampingi Ketua Pelaksana UNBK, Sulaiman mengatakan, para peserta harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk kedalam ruangan UNBK, berdasarkan Surat Edaran Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) beberapa hari lalu dan sebagai protap untuk mencegah terhindar dari covid-19.

 “Jumlah peserta UNBK di SMKN-1 Lhokseumawe mencapai 420 peserta dari tujuh jurusan, terdiri dari 247 peserta laki-laki dan 173 peserta perempuan, Ujian nasional ini akan berlangsung selama empat hari sejak Senin-Kamis (16-19 Maret 2020), dan setiap sesi kita berikan waktu kepada peserta selama dua jam untuk menjawab soal,”terangnya Irwan, Selasa (18/3/2020).

Sementara kepala Bidang guru dan tenaga pendidikan (GTK) Dinas Pendidikan Aceh, Nurhayati kepada RRI mengatakan, peserta ujian nasional melakukan cuci tangan sebelum memasuki ruangan pelaksanaan UNBK berlaku di seluruh Aceh.

“UNBK  tingkat SMK di seluruh Aceh tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan  kita sudah sudah instruksikan ke seluruh sekolah negeri maupun Swasta yang sedang menjalankan UNBK.”kata Nurhayati.

Disebutkan. adapun mata pelajaran dan jadwal UNBK SMK Provinsi Aceh tahun 2020 yaitu Bahasa Indonesia (16 Maret 2020). Matematika (17 Maret 2020), Bahasa Inggris (18 Maret 2020), Teori Kejuruan (19 Maret 2020) yang terdiri dari tiga sesi per harinya

“Meskipun sekolah lain sudah meliburkan aktivitas belajar mengajar selama 14 hari, sesuai surat edaran pemerintah sebagai upaya pencegahan virus corona,  Namun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tetap melaksanakan UNBK di SMK seluruh Aceh sesuai jabwal,”pungkasnya.(FUL/MS).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00