Dinas Dayah: Pendidikan Dayah Pencetak Cendikiawan Muslim

KBRN, Lhoksukon : Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Utara, Tgk. Abdullah Hasbullah, S, Ag,,M,S.M, mengharapkan kehadiran dayah Abu Chik Meunasah kumbang “Madinatuddiniyah Sirajul Huda” di Gampong Kumbang Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara, bisa memberikan kontribusi yang baik kepada daerah dan masyarakat.

Menurutnya, Dayah yang sempat vakum atau tidak ada kegiatan pengajian puluhan tahun, sudah mulai aktif kembali, dan sudah diresmikan oleh Ulama Kharismatik Aceh, Tgk H Mustafa Ahmad, atau Abu Paloh Gadeng.

“Dayah almarhum Tgk H. Hasballah atau lebih dikenal Abu Chik Meunasah Kumbang, yang vakum sejak tahun 1937 silam, sebelumnya sangat  populer di  Aceh.”kata Tgk. Abdullah Hasbullah, yang merupakan cucu dari Abu chik Meunasah kumbang, usai peresmian dayah itu, Kamis (30/1/2020).

disebutkan, Pemerintah Aceh Utara sangat mendukung kehadiran Dayah (Pasantren), karena kehadirannya tempat tuntut ilmu agama ini tentunya dapat melahirkan cendekiawan yang berkualitas dan bisa menegakkan syariat Islam yang kafah dengan baik di daerah.

“Saat ini dayah yang tercatat atau telah resmi terdaftar di Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Utara, sebanyak 196 dayah berbagai tipe dari A plus D,  dengan harapan kehadiran dayah tersebut bisa menyiapkan santri yang mempunyai kemampuan keilmuan agama mendalam  dan mampu mengembangkannya.”punkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00