BPBD Sosialisasi Potensi Bencana Kepada Siswa SMAN-1 Tanah Luas

KBRN, Lhoksukon : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara, mensosialisasikan Gerakan Pelajar Tangguh Bencana (PETANA), kepada 500 siswa SMA Negeri 1 Tanah Luas, Aceh Utara, Senin (27/1/2020).

Sedangkan Kegiatan sosialisasi  PETANA ini merupakan kegiatan kedua tahun 2020, yang sebelumnya telah dilaksanakan di SMAN-1 Matang kuli, tujuannya  agar pelajar atau siswa mengatahui  tentang petensi-potensi bencana.

Kepala Pelaksanaan BPBD Aceh Utara Amir Hamzah menjelaskan, dalam kesempatan itu pihaknya  memberikan pemahaman tentang bencana, diantaranya potensi bencana yang terjadi sekitar, bentuk antisipasi, tanda-tanda bencana, dampak  dari bencana dan cara penanganan pada saat bencana, termasuk menyelamatkan diri saat bencana, baik banjir, gempa bumi, kebakaran dan sebagainya.

“Pelajar juga harus mengatahui tugas dan tanggung jawab dalam menjaga lingkungan terutama di lingkungan sekolahnya, dengan ada kegiatan ini pelajar dapat mengetahui lebih mendalam tentang bencana alam, apa saja yang harus dilakukan saat pra bencana, tanggap darurat (saat bencana) dan pasca bencana. “ kata Amir Hamzah. Senin (27/1/2020).

Menurutnya Kecamatan Tanah Luas salah satu kecamatan rawan bencana, maka Pemerintah Aceh Utara terus mengupayakan langkah-langkah agar masyarakat, maupun pelajar tanggap, tangkas dan tangguh dalam menghadapi segala bentuk bencana yang terjadi.

“Kita tetap mempedomani apa saja yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana,  sedangkan penangganan bencana bukan hanya tugas dan tanggungjawab BPBD, Namun Tanggung jawab semua pihak,”terangnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00