Siswa SMAN 1 Lhokseumawe Kunjungi Museum Islam Samudera Pasai Aceh Utara

KBRN, Lhokseumawe: Siswa SMAN 1 Lhokseumawe berkunjung ke situs sejarah Kerajaan Samudra Pasai di desa Beuringen, Kecamatan Samudra, Kabupaten Aceh Utara.

Di Jejak kerajaan Islam pertama di Indonesia dan Asia Tenggara ini siswa dibimbing oleh para guru untuk belajar sejarah kearifan lokal (Lokal Wisdom).

Materi tersebut merupakan salah satu pilar dari Kurikulum Merdeka yang telah disahkan oleh pemerintah berdasarkan Kepmendikbudristek No.262 Tahun 2022.

Kunjungan ini dilaksanakan pada Sabtu, 6 Agustus 2022 silam.

Wakil Kepala (Waka) Bidang Pengajaran, Aiza Fitriana, S.Si kepada RRI.co.id, Sabtu (13/08/2022) menjelaskan, Siswa juga melawat ke rumah jejak tinggal pahlawan nasional Cut Nyak Meutia srikandi dari Aceh yang gagah berani, pada hari yang sama. Berlokasi di desa Masjid Pirak, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara.

Waka Bidang Pengajaran Aiza Fitriana, S.Si mengatakan pula, bahwa tujuan siswa belajar materi kearifan lokal merupakan implementasi dari pilar proyek Kurikulum Merdeka.

Agar siswa memahami sejarah leluhur yang mengandung kebijaksanaan serta dapat meneladani perjuangan para pahlawan.

"Kunjungan ini merupakan   bagian dari P5, mengunjungi destinasi sejarah, sesuai dengan tema P5: kearifan lokal, topik warisan leluhur," ungkap Aiza Fitriana.

"Hasil kunjungan siswa tersebut dilaporkan ke dalam bentuk kesusastraan berupa hikayat." Aiza Fitriana menambahkan.

Sebagai Waka Pengajaran SMAN 1 Lhokseumawe Aiza Fitriana, S.Si mengharapkan setelah pembelajaran ini dilakukan siswa mengetahui sejarah Islam di Aceh dan perjuangan rakyat Aceh.

Serta menghasikan bentuk karya sastra hikayat yang berkisah tentang Kerajaan Islam Samudra Pasai dan kisah heroisme Cut Nyak Meutia pahlawan nasional yang berani berparas anggun, yang setia membela bangsa dan negara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar