Kakankemenag Aceh Utara Terima Audiensi Pokjawas

KBRN,Aceh Utara : Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah dan Pokjawas PAI melakukan audiensi dengan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Utara Drs H Maiyusri MAg, di ruang Media Center Kankemenag setempat, Senin (4/7).

Audiensi tersebut juga dihadiri Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Aceh Utara Drs H Jamaluddin MPd dan para Kasi.

Ketua Pokjawas Madrasah Drs A Rahman Bitai, MA menjelaskan tujuan pertemuan tersebut untuk menjalin silaturahmi dengan Kepala Kankemenag serta membahas Program Pengawas.

“Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menjalin silaturahmi, komunikasi, dan koordinasi antara Pokjawas dengan Kakankemenag yang baru. Selain itu juga untuk menyampaikan beberapa aspirasi dan program dari Pokjawas kepada Kakankemenag Kabupaten Aceh Utara," ujarnya.

Lebih lanjut pria yang sering disapa Abi ini berharap, di Aceh Utara madrasah unggul dalam akademik dan manajerial, serta  bimbingan lebih lanjut terhadap Kepala Madrasah.

“Perlu pembinaan lebih lanjut agar para pimpinan madrasah supaya lebih mengerti banyak hal, termasuk peluang dan tantangan yang dihadapi saat ini," harapnya.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Drs H Hamdani A Jalil MA mengharapkan dukungan dan Kerjasama dari Pengawas Madrasah.

“Sehubungan dengan banyaknya program kegiatan di Seksi Madrasah, Pengawas sebagai ujung tombak di lapangan Kasi Pendidikan Madrasah mengharapkan dukungan dan kerjasama dari Pengawas madrasah," harapnya.

Ia juga menyebutkan program-program tersebut di antaranya adalah Implementasi Kurikulum Merdeka, Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), Asesmen Pendampingan Kepala Madrasah (ASPENMAD), Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Lomba Madrasah MYRES, Madrasah Award dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Sementara Kepala Kankemenag Aceh Utara Drs H Maiyusri MAg menyambut baik dan berpesan pertemuan ini merupakan salah satu bentuk penguatan bagi para Pengawas.

Ia juga memberikan apresiasi serta motivasi kepada para Pengawas.

Kakankemenag juga menyampaikan bahwa keberhasilan suatu pendidikan, salah satunya ditentukan oleh pembinaan dan arahan dari Pengawas.

“Arahan dan bimbingan ini dalam rangka menuju pendidikan yang bermutu baik,” ujarnya.

Kepala Kankemenag juga meminta kepada segenap Pengawas agar menjalankan tugasnya dengan maksimal. Sesuai yang disebutkan dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam di Sekolah.

“Pengawas harus melaksanakan tugasnya mulai dari Penyusunan Program Pengawasan di bidang akademik dan manajerial hingga penyusunan laporannya,” jelas H Maiyusri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar