Kemenag Aceh Timur Menutup Kegiatan PDWK Tematik Angkatan IV

KBRN,Aceh Timur : Kegiatan PDWK Tematik MI Angkatan IV yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Provinsi Aceh untuk guru-guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Wilayah Kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur, berakhir.

Penutupan kegiatan PDWK Tematik MI angkatan IV tersebut dihadiri oleh Kakan Kemenag Kabupaten Aceh Timur yang diwakili oleh Kasi PAIS yaitu Saiful Bahri, Panitia Kegiatan yang diwakili oleh Zulham Hanif, dan diikuti oleh seluruh peserta kegiatan PDWK Tematik MI Angkatan IV.

Zulham hanif selaku panitia kegiatan mewakili Balai Diklat Keagamaan Aceh dalam laporannya, Sabtu (21/5/2022) mengatakan bahwa kegiatan yang telah berlangsung selama satu minggu tersebut telah berlangsung dengan tertib dan lancar, semua itu tidak lepas dari kerjasama yang baik dari berbagai pihak, terutama dari pihak kantor kemenag kabupaten aceh timur selaku tuan rumah serta tentunya dari peserta kegiatan itu sendiri.

Ia menyampaikan bahwa sudah sejatinya para peserta merasa bangga bahwa ini merupakan pelatihan pembentukan, yang artinya ini merupakan pelatihan “one shot” atau sekali jalan tanpa perlu ada pelatihan lanjutan untuk menyempurnakannya, atau bisa diartikan bahwa para peserta yang telah mengikuti pelatihan ini bisa disebut sebagai Alumni Pelatihan Tematik MI Angkatan IV dan mendapatkan ijazah berupa sertifikat yang nantinya dapat difungsikan sebagai bukti telah diselesaikannya pelatihan 50 Jam Pelajaran tersebut.

Kasi PAIS, dalam sambutannya selaku mewakili Kakan kemenag menyampaikan bahwa kegiatan yang telah berlangsung hendaknya menjadi pembaharu dan pemicu bangkitnya kembali semangat dalam mendidik.

Ia mengibaratkan guru sebagai pisau baru yang sangat tajam, namun ketika terlalu lama dipakai lambat laun akan menjadi tumpul sehingga butuh pembaharu atau butuh diasah agar kembali tajam, dan begitu pulalah guru-guru sebagai pendidik, dimana sudah sewajarnya mengupgrade diri agar menjadi lebih baik dan siap untuk menghadapi perubahan jaman yang tentunya berpengaruh kepada proses pembelajaran peserta didik.

Kegiatan penutupan tersebut berlangsung khidmad dan diakhiri dengan prosesi pelepasan badge peserta dan penyerahan sertifikat tanda lulus kepada perwakilan peserta.

Kegiatan yang telah berlangsung selama satu minggu di aula kantor kementerian agama kabupaten aceh timur tersebut, sebelumnya dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur H. Salman pada 16 Mei lalu, hadirnya bapak H Salman tersebut sekaligus menjadi kegiatan terakhir dalam masa jabatan beliau sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur, yang dua hari yang lalu telah dilantik dalam jabatan yang baru menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar.

Sebelumnya saat prosesi pembukaan kegiatan PDWK Tematik MI Angkatan IV, dalam sambutannya H Salman mengharapkan kegiatan PDWK yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Aceh ini dapat menjadi salah satu motivasi bagi guru dalam membangun dan memajukan pendidikan terutama untuk tingkat madrasah ibtidaiyah.

Ia juga menyampaikan bahwa para peserta yang mengikuti diklat tersebut adalah orang-orang terpilih, yang nantinya akan diamanahkan untuk menjadi kader dalam mengemban ilmu yang didapatkan selama proses pelatihan berlangsung.

Untuk diketahui peserta kegiatan berjumlah 40 guru yang merupakan perwakilan dari seluruh Madrasah Ibtidaiyah baik madrasah negeri maupun madrasah swasta yang bernaung dibawah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar