Hari Terakhir Muzakarah Ulama Se-Aceh Bahas Tauhid Uluhiyah dan Tarekat Zikir

KBRN, Lhokseumawe: Hari kedua Minggu (23/01/2022) pelaksanaan Muzakarah Ulama se-Aceh di Islamic Center Kota Lhokseumawe, menghadirkan pemateri dari Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh.

Sementara Muzakarah di hari kedua ini membahas tentang Haul Kematian dan Hukum Tabarruk di Makam Ulama, Hukum dan Efek Penundaan Pembagian Harta Warisan, Penerapan Fiqih Muamalah dalam praktik Ekonomi Syariah, dan Wakaf Tunai dalam sejarah peradaban Islam.

Dengan pemateri Abi Maulana Syarifuddin dari Sumut yang juga alumni Dayah Labuhan Haji (Haul Kematian dan Hukum Tabarruk di Makam Ulama).

Selanjutnya Abu Drs. H. Asnawi Abdullah, M.A (Hukum dan Efek Penundaan Pembagian Harta Warisan), Tgk. Erwinsyah (Penerapan Fiqih Muamalah Dalam Praktik Ekonomi Syariah), Tgk. Dr. Damanhur Abbas, L.c., M.A (Wakaf Tunai Dalam Sejarah Peradaban Islam).

Sementara itu, telah dibahas juga dalam agenda hari pertama Muzakarah tentang Tauhid Uluhiyah, Rububiyah, dan Asma' Wasifat Dalam Pandangan Akidah Ahlussunnah Wal Jama'ah oleh Abu Manan Blang Jruen, Paradigma Umrah Sebelum Haji oleh Ayah Min Cot Trueng, Zikir Jihar (Memperbesar Suara) Dalam Pandangan Mazhab As-Syafi'ie) oleh Waled Harmen dari Meulaboh, Kalut dan Suluk: Hukum, Metode, dan Urgensinya oleh Tgk. H. Farmadi, ZA, dan Tarekat Zikir Yang Muktabar Dalam Sudut Pandang Ahlussunnah Wal Jama'ah oleh Abu Mahdi.

Selain itu berlangsung juga Muzakarah Ulama di Dayah Almarhum Abu Panton, Kota Pantonlabu Kabupaten Aceh Utara, dengan pemateri Waled Nu Samalanga, Ayah Min Cot Trueng, dan Tu Sop Jeunieb.

Sedangkan minggu depan muzakarah ulama juga akan berlangsung di dayah Abu Paya Pasi Aceh Timur.

Dengan pemateri Abi Beunot, Abi Lueng Angen Lhok nibong, Abu Madinah Aceh Besar, Waled Nu Samalanga, Abu Tumin Blang Blah Deh Bireuen, Abu Manan Blang Jruen, Ayah Min Cot Trueng, Abu Yazid, Abu Serambi Aceh Meulaboh.

"Muzakarah di Islamic Center diselesaikan sampai sore ini dan sekaligus dilakukan penutupan", kata Ketua Panitia Pelaksana, Abi Jamaluddin Rasyid sekaligus Pimpinan Dayah Simpang Ceubrek Aceh Utara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar