Abu Paya Pasi: Kelak Bumi Umpama Alpukat di Blender

Abu Paya Pasi

KBRN, Lhokseumawe: Abu Paya Pasi, Jum'at (21/01/2022) menjadi Khattib dalam Khutbah Shalat Jum'at di Mesjid Agung Islamic Center Kota Lhokseumawe.

Dalam Khutbahnya Abu Paya Pasi berpesan kepada para Jama'ah akan pentingnya menuntut ilmu agama yang menjadi Fardhu 'in bagi setiap ummat islam.

"Wajeb ta tuntut ilme agama nyang ka geupeu hukom bak geutanyoe Fardhu 'In. Wajeb jeut baca qur'an, ta teupeu Rukon islam, Rukon iman. Nyan paleng dasar. (Wajib menuntut ilmu agama yang sudah diperintahkan dan menjadi Fardhu 'In. Wajib bisa Al-qur'an, mengetahui Rukun Islam, Rukun Iman, sebagai yang paling dasar)", kata Abu Paya Pasi dalam bahasa Aceh.

Menurut Abu, kewajiban menuntut ilmu agama bagi ummat islam dasarnya ada 3 (tiga) yakni fasih membaca Al-qur'an, kemudian memahami Rukun Islam, Rukun Iman dan penjabarannya.

Orang yang beriman wajib percaya akan adanya Allah swt sebagai Tuhan semesta alam. Bahkan sudah ada jauh sebelum diciptakannya langit dan bumi beserta isinya.

"Geutanyoe ureueng meu iman wajib percaya, bek na ragu bahwa Allah sigohlom na sigala-gala kaleuh neu ato na segala hal. Sigohlom na langit ngen bumo. (Kita orang beriman wajib mempercayai, jangan ada keraguan bahwa Allah sudah mengatur terlebih dahulu segala hal bahkan sudah ada sebelum ada langit dan bumi)", imbuh Abu Paya Pasi.

Selain itu, Abu Paya Pasi juga mengisahkan tentang masa depan yang nyata akan datangnya hari Kiamat.

Berita kiamat barang pasti, dan akan datang untuk bumi umpama buah Alpukat di blender.Kenyataan masa depan tentang Surga dan Negara sebagaimana yang dikabarkan dalam Al-Qur'an, Hadist, maupun riwayat dalam Kitab-kitab karangan Ulama besar terdahulu.

Berbaliknya waktu dan hari. Sehari semalam didalam Surga berbanding 1000 tahun di dunia. Serta sehari semalam di Neraka berbanding 50 ribu tahun hitungan waktu di dunia, pungkas Abu Paya Pasi.

Menurut informasi yang diperoleh RRI, kedatangan Abu Paya Pasi ke Kota Lhokseumawe dalam rangka menghadiri kegiatan Muzakarah Ulama se-Aceh yang akan dilaksanakan Sabtu (22/01/2022) di Mesjid Agung Islamic Center.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar