FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

HDI 2021: Mari Berbahagia Dalam Keterbatasan

KBRN, Lhokseumawe: Kepala Sekolah bersama para Dewan Guru dan seratusan lebih Siswa dan Siswi Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Aneuk Nanggroe Kota Lhokseumawe, memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) atau International Day of Person With Disability (IDPD) Jum'at (03/12/2021) pagi.

HDI diperingati setiap tanggal 3 Desember setiap tahunnya. Sementara SLB Negeri Aneuk Nanggroe Lhokseumawe, memperingati HDI dengan kegiatan Jalan Santai dan Pelepasan Balon ke Udara di halaman SLB setempat kawasan Cunda, Kecamatan Muara Dua.

Jalan Santai HDI mengambil rute sepanjang 2 Kilo Meter (KM) yakni dari SLB hingga ke Simpang Selat Malaka Cunda.Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Muara Dua, Kepala Cabang perwakilan Dinas (Cabdin) Disdikbud Provinsi Aceh Kota Lhokseumawe, Jamal, dan yang mewakili Kapolsek Banda Sakti.

"Hari ini (Jum'at-red) adalah hari disabilitas untuk kita semua. Saya berharap tidak ada lagi anak-anak Disabilitas yang disembunyikan oleh orang tuanya karena perasaan malu atau lainnya. Semoga para orang tua tersadar untuk menyekolahkan anaknya ke SLB agar mereka memperoleh pendidikan yang sudah dijamin Negara", ujar Kepala SLB Aneuk Nanggroe, Samhudi, S.Pd dalam kata sambutannya pada acara peringatan HDI.

Perlu diketahui anak-anak Disabilitas bukan produk gagal. Stigma seperti itu harus dihapuskan. Tetap berbahagia dengan keterbatasan. Di Kota Lhokseumawe sendiri sudah didirikan 8 (Delapan) SLB yang siap menampung anak-anak penyandang Disabilitas, tegas Samhudi.

Camat Muara Dua menyampaikan rasa salut kepada para Guru SLB. "Tidak semua orang bisa menjadi seperti Anda sekalian (Guru-red)", ucap Camat.

Sementara Kacabdin Disdikbud Provinsi Aceh, Jamal, mengucapkan selamat hari jadi HDI. "Tetap semangat. Selamat berhari jadi. Negara hadir bersama kalian. Pemerintah juga memberi tempat yang spesial bagi anak-anak Disabilitas", kata Jamal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar