1.040 Calon Mahasiswa UNIKI Ujian Daring SPMB Gelombang-I

Foto Dokumentasi UNIKI

KBRN, Bireuen: Sejumlah 1.012 pendaftar gelombang-I, yang lolos seleksi administrasi sebagai calon mahasiswa pada 7 (tujuh) program studi Sarjana Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) akan mengikuti beberapa tahapan seleksi.

Mulai Rabu (2/6/2021) calon akan mengikuti Tes kemampuan Akademik (TPA). Selanjutnya ke tahapan wawancara dan Uji kemampuan membaca Al-Qur’ansebagai syarat mutlak calon dapat diterima pada tahun ini.

Demikian disampaikan oleh Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNIKI, Dr. Zainuddin Iba, S.E., M.Si kepada RRI.

Zainuddin menyebutkan, sejak dibukanya pendaftaran 1 Maret 2021 lalu hingga 31 Mei 2021, panitia telah menyeleksi berkas adminisrasi calon mahasiswa yang mendaftar, baik di Kampus Utama UNIKI Bireuen, Kampus Lhokseumawe, dan beberapa Dayah/Pesantren yang selama ini telah bekerja sama dengan UNIKI.

Tercatat jumlah calon yang dapat mengikuti ujian SPMB gelombang – I dari jalur KIP Kuliah merdeka, jalur Hafiz dan jalur Mandiri sejumlah 1.040 calon, ujar Zainuddin yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I UNIKI.

Calon yang mendaftar pada gelombang-I, tambah Zainuddin, terbanyak di program studi Teknik Informatika Fakultas Komputer dan Multimedia, sejumlah 292 orang disusul PS Manajemen (253), lalu Pendidikan Jasmani Olahraga (149), Akuntansi (131), Ilmu Hukum (103), Ilmu Pertanian (64) dan Program studi Peternakan (48), pungkas Zainuddin.

Sesuai surat edaran Rektor UNIKI, Prof Dr Apridar, bahwa pelaksanaan ujian Tes Kemampuan Akademik (TPA) yang dilaksanakan hari ini (Rabu-red) dilakukan secara daring atau online.

Hal ini, mengingat kondisi dan gejala Covid-19 masih terus meningkat, juga mengindahkan anjuran pemerintah Aceh, sebut Panitia Ujian Kamaruddin, M.M.

Panitia Ujian telah menyiapkan jauh hari untuk TPA ini dengan menyiapkan soal dari 4 aspek, yakni Tes dari aspek verbal, tes angka, tes logika, dan tes spasial.

Tujuan Test untuk mengetahui Kemampuan Akademik Mahasiswa baru, apakah mampu nantinya menyelesaikan Pendidikan tepat waktu, juga kesesuaian program yang dipilih. Nantinya secara keseluruhan juga pada minggu pertama kuliah akan di lakukan pemeriksaan bebas narkoba.

Pemeriksaan ini juga untuk mengetahui bebas narkoba dan akan ada pembinaan secara khusus apabila ada mahasiswa diketahui pernah terlibat pemakaian narkotika, ujar Kamaruddin.

Dari keterangan Rektor, Prof Apridar menyatakan, ujian seleksi gelombang-I hari ini hanya mengikut sertakan calon yang mendaftar pada kelas regular di tingkat sarjana saja.

Sementara untuk kelas non regular dan calon mahasiswa yang mendaftar pada program vokasi dan Pascasarjana, yang sampai hari ini telah mendaftar sejumlah 348 orang akan dilaksanakan tersendiri dan tatap muka, sebut Prof Apridar.

Usai tahapan ujian TPA ini, panitia SPMB UNIKI akan melaksanakan tahap uji kemampuan baca Qur’an. Untuk hal itu, panitia bekerjasama dengan beberapa Dayah dan pesantren yang selama ini telah terjalin kerjasama bidang pendidikan dan penguatan bidang agama, sebut Prof Apridar.

“Kami, akan dibantu untuk tes baca Qur’an ini oleh Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunieb, YPI Harapan Ummat Arongan Samalanga, Dayah Darul Ulum Al-Munawwarah Lhok Mon Puteh Kota Lhokseumawe, Misbahud Dhulan Al-Aziziyah Lueng Putu Pidie jaya, juga Dayah al-Amna Bireuen, dan beberapa dayah di kota Bireuen”,Tutup Apridar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00