IGI Harapkan Masa Kerja Guru Honor Jadi Prioritas Seleksi ASN PPPK

KBRN, Aceh Utara: Ikatan Guru Indonesia (IGI) Cabang Aceh Utara memastikan bahwa saat ini belum ada rekrutmen CPNS atau CASN bagi tenaga guru.

Meski begitu ribuan tenaga guru berstatus Honor saat ini masih berebut jatah menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang dilaksanakan melalui beberapa tahapan seleksi.

Sekretaris IGI Kabupaten Aceh Utara, Khaidir, SE, M.Pd, Sabtu (21/05/2021) kepada RRI menyampaikan selama ini Guru Honor terbagi kedalam beberapa kategori.

Masing-masing Tenaga Guru Honor Murni yang digaji oleh APBD, kemudian ada juga Guru Bhakti atau Lillahi Ta'ala yakni tidak memiliki gaji tetap serta Guru berstatus PNS atau ASN.

"Jadi untuk guru honor murni dan honor Lillahi Ta'ala saat ini sama-sama memiliki peluang untuk direkrut menjadi tenaga PPPK melalui tahapan seleksi", ujar Khaidir.

Terlebih kata dia, Guru Lillahi Ta'ala (Tenaga Bhakti-red) hanya diberi upah berdasarkan anggaran sisipan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Untuk itu saya berharap agar guru honor dengan masa kerja diatas 10 tahun hendaknya menjadi prioritas pemerintah untuk diangkat menjadi PPPK", pungkas Khaidir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00