FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Penerima Vaksin Covid-19 Diminta Donor Darah Sebelum Divaksin

Dr Fauzi Humas UDD PMI Aceh Utara

KBRN, Aceh Utara : Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD-PMI) Kabupaten Aceh Utara, menghimbau kepada masyarakat penerima vaksin Covid-19, untuk melakukan donor darah sebelum divaksin, karena setelah divaksin tak diizinkan mendonorkan darahnya  beberapa bulan kedepan.

Humas UDD PMI Aceh Utara, Dr. Fauzi Abu Bakar meminta kepada masyarakat yang telah mendapatkan vaksin atau melakukan vaksinasi corona tidak bisa dalam waktu dekat ini melakukan donor darah.

“Kenapa ini harus dilakukan oleh masyarakat atau pendonor sukarela, sehingga mereka dapat membantu ketersediaan darah di UDD-PMI dan juga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah  nantinya,”terang Fauzi Abubakar, “Senin (15/2/2021).

Disebutkan untuk memenuhi stok darah darah di tengah pandemic Covid-19, selama pihaknya telah berupaya untuk menggalakkan donor darah, melalui mobil unit donor darah keliling, yang turun ke setiap daerah baik ke masjid dalam kecamatan, instansi pemerintah dan acara organisasi 

“Sejak pandemi Covid-19 stok darah di UDD PMI Aceh Utara  selalu menipis sedangkan kebutuhan meningkat, baik kepada pasien yang rutin melakukan cuci darah maupun untuk pasien terpapar Covid-19. Karena selama ini kita melayani 12 rumah sakit di Lhokseumawe dan Aceh Utara, baik swasta maupun pemerintah”terangnya.

Sementara menurut Sekretaris PMI Kota Lhokseumawe, M Agam Khalilullah,selama pandemi Covid-19 hampir seluruh di UDD PMI di daerah stok darahnya menipis, mungkin para pendonor takut untuk melakukan donor darah di tengah pandemi.

"Di masa pandemi seperti ini, kepedulian kita harus dikedepankan, karena donor darah itu selain baik untuk kesehatan, juga dapat membantu kesama, karena setetes darah dapat menyelamatkan jiwa orang lain,"pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00