Perbup Penegakan Disiplin Prokes Covid-19 Segera Diterbitkan

KBRN, Lhokseumawe : Penegakan hukum dalam pendisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes) di wilayah Kabupaten Aceh Utara, akan segera dilaksanakan. Saat ini Peraturan Bupati (Perbup) atau peraturan daerah (Perda) masih dalam proses penerbitan .

Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Utara Dr A Murtala saat dikonfirmasi RRI menyebutkan, Perbup atau Perda tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 sedang dikaji oleh Biro hukum Setda Aceh

“Perbup yang akan terbut sebagian besar merujuk pada peraturan Gubernur (Pergub) Aceh, termasuk bagi para pelanggar baik ASN, masyarakat akan dikenakan sanksi sebagaimana juga diatur dalam Pergub.  Sanksi yang akan diberikan dapat berupa teguran lisan, teguran tertulis, sanksi sosial, kerja sosial dan denda administratif bagi pelanggar.”terangnya, Senin (21/9/2020).

Menurutnya, setelah perbup terbit, pihak yang terlibat dalam Penegakan hukum dalam pendisiplinan pelaksanaan Protokol Kesehatan, akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat  tentang perbub itu, sehingga pada saat penindakan tidak ada yang kaget.

“Sebelumnya  Pergub Aceh, kita terima, pada tahap awal tim gugus tugas penanganan Covid-19, Aceh Utara bekerjasama Satpol PP, TNI/Polri telah memberikan himbauan kepada masyarakat terkait protokol kesehatan tentang pencegahan Covid-19, di antara untuk  selalu mengenakan masker jika beraktifitas di luar rumah mencuci tangan secara teratur memakai sabun dengan air serta menjaga jarak fisik,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00