Whatsapp PANDAWA, Layanan Non Tatap Muka BPJS Selama Pandemi

KBRN, Lhokseumawe : Sebagai upaya pemutusan mata rantai penularan Covid-19, BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe hadirkan kanal layanan non tatap muka dengan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA). Setiap peserta dan calon peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe dapat langsung mengirimkan pesan ke admin PANDAWA di nomor 0822-4933-4832 (Whatsapp).Setelah peserta/calon peserta mengirimkan pesan dan memilih jenis layanan ke admin PANDAWA, peserta akan dihubungi langsung oleh frontliner BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe untuk diberikan layanan administrasi.Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe Manna Sabtu (19/09/20) menjelaskan format pengiriman pesan melalui PANDAWA adalah dengan menuliskan nama pelapor, nama peserta objek layanan, nomor kartu JKN-KIS, nomor HP, serta kode pilihan jenis layanan.

“Beberapa jenis layanan yang biasa diakses di PANDAWA diantaranya yaitu pendaftaran baru peserta PBPU (peserta mandiri) PPU PN dan BP, penambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan layanan administrasi lainnya,” jelas Manna Sabtu (19/09/20).

Kanal PANDAWA ditujukan untuk meminimalisir kontak fisik atau tatap muka yang menjadi faktor utama penyebaran virus corona. Manna pun mengatakan bahwa inovasi kemudahan ini merupakan wujud komitmen layanan sekaligus partisipasi BPJS Kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 di wilayah Kota Lhokseumawe, Kab. Aceh Utara, Kab. Bireuen, Kab. Bener Meriah, dan Kab. Aceh Tengah.

“Kita tetap prioritaskan kepuasan layanan bagi peserta, mengupayakan kontak fisik seminimal mungkin, jadi masyarakat tidak perlu ke kantor untuk mendapatkan pelayanan administrasi BPJS,” jelas Manna.

Manna pun menambahkan bahwa selain PANDAWA, peserta tetap dapat memanfaatkan kanal layanan lainnya seperti aplikasi Mobile JKN (tersedia untuk iOs dan Android), BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, dan kanal lainnya.Sementara itu, salah seorang peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) asal Lhokseumawe Shinta (30) mengatakan bahwa dirinya sangat terbantu dengan hadirnya layanan administrasi JKN yang bisa diaksesnya melalui Whatsapp.

"Lebih mudah ya sekarang (layanan administrasi JKN-KIS), jadi nggak usah keluar rumah, bisa sambil chatting juga, intinya sangat memudahkan sekali,” ujar Shinta.

Lebih lanjut Shinta pun setuju untuk memaksimalkan layanan non tatap muka yang disediakan BPJS Kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Kita sama-sama menjaga, untuk beberapa urusan termasuk BPJS ini bisa dikerjakan dari rumah ya lebih baik dikerjakan dari dirumah aja, jaga jarak, semoga wabah corona ini cepat berakhir,” tutup Shinta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00