Calon Penumpang Bandara Malikussaleh Harus Non Reaktif Covid-19

KBRN, Aceh Utara: Plt Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Malikussaleh Kabupaten Aceh Utara, Sunartopo, setiap calon penumpang maskapai penerbangan wajib melengkapi dokumen kesehatan pribadi berupa hasil Rapid Test Antibodi Non Reaktif.

Disamping itu, calon penumpang juga harus mengisi formulir kewaspadaan dari pihak Kesehatan Pelabuhan yang ada di lokasi bandara. Formulir kartu kewaspadaan ini dapat di isi langsung oleh calon penumpang secara online di website Kementerian Kesehatan (Kemenkes) atau bisa juga mengisi langsung pada petugas yang disediakan oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan di Bandara.

Demikian dijelaskan Plt Kepala UPBU Malikussaleh, Sunartopo kepada RRI, Rabu (08/07/2020).

Menurutnya sejak diberlakukannya Tatanan Kehidupan Baru pandemi Covid-19 oleh Pemerintah, kelengkapan dokumen lainnya sudah tidak diberlakukan oleh Maskapai Penerbangan kecuali hanya dokumen hasil Rapid Test Antibodi Non Reaktif.

"Untuk dokumen lainnya sudah tidak perlu lagi, kecuali hasil rapid test non reaktif. Terus mengisi formulir kartu kewaspadaan dari pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan di Bandara, hanya itu saja", ujarnya.

Disebutkannya pula, geliat aktivitas Bandara Malikussaleh Aceh Utara sudah mulai ramai seperti biasanya.

Kapasitas calon penumpang yang menggunakan jasa penerbangan Wings Air dari Malikussaleh tujuan Bandara Kuala Namu (KNO) Medan sebanyak 46 orang serta diberlakukan juga timbangan Bagasi dan Kargo. 

"LSW-KNO 46 orang. BGE 22/235 Kg. CGO 12/38 Kg. KNO-LSW 23 orang. BGE 15/179 Kg. CGO 10/34 Kg", ujar Sunartopo lagi menggunakan istilah penerbangan.

Untuk penerbangan dari Lhokseumawe menuju Bandara KNO Medan, kapasitas penumpang 46 orang, Bagasi Penumpang (BGE) perorang 22 Kg, Kargo (CGO) 12 sampai 38 Kg perorang. 

Sebaliknya dari KNO Medan menuju Lhokseumawe, Bagasi Penumpang (BGE) 15 Kg, Kargo (CGO) 10 sampai 34 Kg. 

Sedangkan untuk jadwal penerbangannya, Selasa, Kamis dan Sabtu. Dari Malikussaleh ke Kuala Namu (KNO) pukul 11.10 Wib sampai dengan pukul 12.00 Wib, Take Off atau lepas landas.

Dari bandara KNO Medan menuju Malikussaleh pukul 10.00 Wib sampai dengan 10.50 Wib Take Off atau lepas landas. 

Jadwal tersebut berlaku dari tanggal 01 hingga 31 Juli 2020, pungkas Sunarto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00