IDI Aceh Utara Praktekkan Rajin Cuci Tangan Untuk Pengungsi Rohingya

KBRN, Lhokseumawe : Untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Aceh Utara, mengajarkan cara cuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer kepada puluhan pengungsi rohingya yang saat ini ditampung di bekas Kantor Imigrasi Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Jum’at (3/7/2020).

Ketua IDI Cabang Aceh Utara, dr. Harry Laksamana menyebutkan, selain itu pihaknya juga memfokuskan cara penggananan warga Rohingya yang sakit  pada malam hari, kemana akan dirujuk, tekait hal itu mengaku telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak diantaranya Dompet Dhuafa, Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan UNHCR.

“Penangganan awal, kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Aceh Utara dan puskesmas Syamtalira Bayu, telah melakukan pemeriksaan Rapid test terhadap 99 orang pengungsi Rohingya pasca dievakuasi dari  daratan pantai Lancok Kecamatan Syamtalira Bayu ke Kantor bekas Imigrasi, Berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test, semuanya dinyatakan non reaktif.”kata dr. Harry Laksamana didampingi kepala Puskesmas Syamtalira Bayu, dr Weldi.

Disebutkan dr. Harry  saat ini penangganan kesehatan untuk pengungsi Rohingya, ditanggani oleh sejumlah dokter yang tergabung dalam Ikatan IDI Cabang Aceh Utara dan Lhokseumawe baik yang bertugas di puskesmas dan rumah sakit.

“Berapa hari lalu kami dari IDI Cabang Aceh Utara, telah menyumpang hand sanitizer kepada pengungsi rohingya melalui posko bantuan, serta memberikan sosialiasi tentang pencegahan COVID-19, diantaranya meminta kepada mereka untuk selalu mengunakan masker , “pungkasnya,

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00