Warga Aceh Utara Reaktif Corona Hasil Rapid Test, Meninggal Dunia

KBRN, Aceh Utara - Seorang warga kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara,  yang sebelumnya di rawat diruang Isolasi Rumah Sakit Umum Cut Mutia (RSUCM) milik Pemerintah Aceh Utara dan meninggal dunia pada Minggu pagi (31/5/2020), diduga  reaktif terpapar virus Corona (COVID-19).

Dugaan tersebut muncul karena berdasarkan hasil rapid test, pria berinisial AM (60), menunjukkan hasil reaktif, sehingga dikebumikan sesuai protokol penanganan COVID-19. Namun Pada Minggu sore (31/5/2020) beredar kabar bahwa yang bersangkutan negatif terpapar virus Corona

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Aceh Utara, Amir Syarifuddin kepada RRI menyebutkan pasien yang meninggal dunia di ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM  merupakan penderita Hepatitis akut dan rencananya akan dirujuk ke RSU Zainal Abidin Banda Aceh.

“Namun aturannya pasien harus menjalani rapid test terlebih dahulu, Saat itu hasilnya positif, Namun secara lisan kita menerima informasi hasil Swab yang bersangkutan dinyatakan negatif terpapar virus corona,”terang Amir Syarifuddin, Minggu (31/5/2020).

Menurut Amir,  karena hasil rapid test positif COVID-19, Pihak RSUCM tetap melaksanakan proses penanganan jenazah dilakukan sesuai SOP penanganan covid-19 termasuk proses pemakaman, hal itu dilakukan karena belum kelauar hasil Swab.

“Kami dari dinas kesehatan Aceh Utara menghimbau kepada masyarakat untuk tidak  panik, jika hasil rapid test terduga positif COVID-19.  Karena kepastian terpapar atau tidak virus corona (COVID-19) berpedoman pada hasil Swab yang resmi dikeluarkan Laboratorium Balitbangkes Aceh,"tegasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00