Lhokseumawe Simulasikan Tatanan Kehidupan Normal Baru

LHOKSEUMAWE - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (Covid-19) Kota Lhokseumawe melakukan Simulasi Protokoler tatanan kehidupan normal baru (New Normal) pada pusat keramaian. 

Salah satunya digelar di pusat perbelanjaan Suzuya Mall, Jum'at (29/05/2020) dengan melibatkan aparat TNI/Polri dari Mapolres Lhokseumawe dan Kodim 0103 Aceh Utara.

Dalam simulasi dipraktekkan skenario pengecekan suhu tubuh terhadap pengunjung mall oleh petugas security, kemudian pengunjung diwajibkan pakai masker, mencuci tangan dengan air bersih, tidak berkerumun dan menjaga jarak.

Disimulasikan juga seorang pengunjung dengan suhu tubuh diatas 36 derajat celcius yang melakukan perlawanan terhadap petugas karena dilarang masuk ke mall serta harus ditangani petugas medis APD lengkap lalu membawanya ke rumah sakit dibawah pengawalan polisi.

Lihat Juga Video Simulasinya

"Ini adalah prosedur yang harus diterapkan oleh seluruh tempat usaha dan keramaian di Kota ini", ujar Walikota Suaidi Yahya, di sela-sela simulasi New Normal.

Tatanan kehidupan Normal baru tersebut untuk menjaga stabilitas perekonomian masyarakat. 

"Tetap beraktivitas dengan memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dan lain-lainnya", pungkas Suaidi.

Walikota Suaidi Yahya Tinjau Simulasi New Normal di Suzuya Mall

Sementara itu, menurut Wakapolres Lhokseumawe, Kompol Ahzan, masyarakat harus mematuhi protokoler kesehatan untuk menghadapi situasi normal baru tersebut.

Masyarakat tidak mungkin stay at home terus menerus, tidak mungkin juga selalu Work From Home (WFH), roda perekonomian harus bergerak, aktivitas dunia kerja harus aktif kembali.

"Namun wajib menerapkan anjuran menyongsong tatanan kehidupan baru. Tidak akan ada lagi suasana kehidupan yang sebelum Covid-19. Saat ini kemana - mana wajib masker kain serta tetap menjaga jarak", tegas Ahzan.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00