Mahasiswa Aceh Utara di Wuhan China, Masih Baik-Baik Saja

KBRN, Lhokseumawe: Kondisi terkini mahasiswa asal Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, yang ada di Kota Wuhan, China, masih terisolasi tidak dibenarkan bebas berkeliaran di luar rumah, pasca mewabahnya virus Corona yang menyerang negeri tirai bambu dalam beberapa terakhir ini.

Melalui sambungan percakapan Aplikasi Whatsapp messenger di smartphone android, Fadhil, mahasiswa Central China Normal University, prodi Doktoral Psikologi Pendidikan, Wuhan, China, mengaku berasal Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara.

"Untuk saat ini aktivitas kami hanya berada di dalam asrama saja, karena sudah ada himbauan pemerintah wuhan dan juga KBRI Beijing, untuk mengurangi aktivitas diluar kampus dalam mencegah penyebaran virus melalui udara", ungkap Fadhil kepada RRI Lhokseumawe, Minggu (26/01/2020), melalui percakapan voice note di WA, Pukul 17.00 WIB sore atau pukul 19.10 WIB Waktu setempat.

Aktivitas luar rumah hanya dilakukan ketika membeli bekal keperluan makanan seperti sayuran, buahan, ataupun persediaan beras. Itupun diwajibkan memakai masker. Ada 12 orang mahasiswa Aceh yang saat ini tinggal bersamanya di asrama.

Bahkan dua orang rekannya yang kuliah di kampus berbeda di Kota Changcun dekat dengan kota Beijing, saat ini terjebak di Kota Wuhan pasca ditutupnya akses masuk dan keluar di kota tersebut.

"Mereka sedang libur kuliah jadi berlibur ke Wuhan. Tapi saat ini tidak bisa kembali lagi ke Kota Changcun. Tapi kondisi kami semuanya dalam keadaan sehat - sehat saja tidak kurang suatu apapun", terang Fadhil lagi.

Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok cabang Wuhan, saat ini terus membangun komunikasi dengan KBRI Beijing dan Juga Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI. Serta pihaknya juga sudah mengirimkan data dan dokumen seperti pasport dan lainnya, untuk keperluan rencana evakuasi bila keadaan semakin tidak terkendali.

Jumlah mahasiswa asal Aceh di China menurut Fadhil hanya berjumlah 60 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00