Indikasi PMK Meningkat, Pasar Hewan Aceh Utara Tutup Sementara

KBRN aceh Utara: Sosialisasi kepada peternak terus dilakukan terutama soal penyebabnya. PMK ini di sebabkan oleh virus dan PMK tidak menular ke manusia, namun PMK cepat menular dari hewan ke hewan.

Bila sudah ada tanda-tanda terindikasi PMK masyarakat lapor kepada petugas kita di lapangan untuk di obati dengan pemberian vitamin dan anti biotik,

Demikian dikatakan Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf (Sidom Peng) didampingi Kepala Dinas terkait (Keswan) ketika melihat langsung ternak sapi terserang penyakit PMK di Tanjong Dama Seunuddon, hari ini Kamis (19/05/2022).

Selain meminta Peternak menjaga kebersihan kandang, Kepala Dinas Perkebunan Peternakan dan Keswan, Melalui Sekretarisnya Drh. Muzakir juga menganjurkan peternak melakukan tindakan pencegahan penyemprotan desinfektan.

“Hewan yg sakit di isolasi di kandang terpisah agar mata rantai virus putus, Penyakit tersebut bisa di sembuhkan” Ujar Drh. Muzakir.

Pada kegiatan peninjauan melibatkan pihak Polres, babinkamtibmas setempat, Fauzi Yusuf mengintruksikan Pasar hewan Panton labu untuk ditutup sementara waktu 

“kita tutup agar mengeliminasi kasus penularannya, nanti setelah hasil monitoring kita di lapangan, kalau kasus ini sudah bisa di tangani akan kita bahas kembali”, pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar