Peringati Hari Hipertensi Se-Dunia,  Dinas Kesehatan Aceh Utara Gelar Penyuluhan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan masyarakat pada Peringati Hari Hipertensi Sedunia (foto/FUL)

KBRN, Aceh Utara : Memperingati hari Hipertensi Se-Dunia, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara, memberikan penyuluhan tentang pencegahan hipertensi dan pemeriksaan dini kesehatan kepada masyarakat di UPTD Puskesmas Lhoksukon, Selasa (17/5/2022).

Peringatan Hari Hipertensi Sedunia tahun ini, dengan tema “Cegah dan Kendalikan Hipertensi Untuk Hidup Sehat Lebih Lama” turut hadir Kepala dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin dan sejumlah pejabat jajarannya.

Kepala dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin melalui Sub Koordinator Pencegahan, Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) dan Kesehatan Jiwa, Khaliq menyebutkan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pemeriksaan tekanan darah dan konsultasi gratis akan dilakukan seluruh Puskesmas dalam kabupaten Aceh Utara .

“Tenaga Kesehatan (Nakes) akan memeriksa riwayat Penyakit/ tensi darah/ berat badan hingga kadar gula darah, sekaligus memberikan edukasi/ tata cara pola hidup sehat dan makanan sehat kepada masyarakat terdeteksi hipertensi, “sebut Khaliq, Selasa ( 17/5/2022).

Khaliq didampingi penanggungjawab upaya  kesehatan masyarakat Puskesmas Lhoksukon, Ns. Susanti Lesiana Sari  menambahkan penderita hipertensi di Kabupaten Aceh Utara, sekitar 21.8 persen atau sekitar 100 ribu orang, Namun hanya sebagian kecil yang mengetahui dirinya hipertensi karena rutin melakukan pemeriksaan kesehatannya.

“Ada beberapa faktor risiko yang memicu hipertensi diantaranya diet tidak seimbang dengan tingginya asupan garam, kurangnya aktivitas fisik; kebiasaan merokok dan kurangnya konsumsi buah serta sayuran, maka kita menghimbau warga Aceh Utara yang usianya 15 tahun keatas, untuk melakukan deteksi dini di berbagai pelayanan kesehatan, jika terdeteksi hipertensi, petugas kesehatan akan memberikan obat penanganan awal pada penderita, “himbaunya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar