Vaksin Covid-19 Sempat Menurunkan Minat Masyarakat Untuk Berdonor

rri.co.id

KBRN, Lhokseumawe; Sejak adanya kegiatan Vaksinasi Covid-19, ternyata sempat berdampak terhadap penurunan minat Masyarakat untuk berdonor. Hal ini disebabkan karena adanya keraguan dari Masyarakat yang telah enjalani vaksinasi tentang jeda waktu untuk melakukan donor darah.

Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Lhokseumawe, Cut Anidar AB mengatakan. PDDI Kota Lhokseumawe yang memiliki jadwal donor darah rutin setiap 2 (Dua) bulan sekali, sempat mengalami penurunan donor darah sejak adanya kegiatan Vaksinasi Covid-19. Hal ini disebabkan ketidak tahuan Masyarakat tentang jeda waktu setelah di Vaksin.

“Jika sebelum Pandemi Covid-19 PDDI Lhokseumawe bisa mengumpulkan 50 hingga 120 Kantong darah setiap kegiatan, namun sejak adanya Wabah Corona melanda Tanah Air, di tambah lagi adanya kegiatan Vaksinasi jumlah pendonor sempat berkurang.”Kata Cut Anidar dalam Bincang-bincang bersama RRI Lhokseumawe, Rabu (19/01/22).

Namun sekarang ini setalah adanya Pemahaman dan Sosialisasi tentang cara Donor Darah pasca Vaksinasi Covid-19, maka minat Masyarakat semakin tumbuh untuk kembali donor darah, bahkan PDDI pada kegiatan donor darah lalu bisa mengumpulkan sekitar 70 kantong darah.

“Alhamdulillah sekarang ini minat Masyarakat untuk donor darah semakin baik,  seperti dalam kegiatan donor PDDI baru-baru ini bisa mengumpulkan sekitar 73 kantong darah.”Tambahnya.

Sementara itu dalam Dialog tersebut RRI Lhokseumawe juga menghubungi pengamat Kesehatan, Dr. Ibrahim dan Direktur UDD PMI Aceh Utara, Dr, Riska Nadia Amris, yang keduanya berharap Masyarakat tidak perlu takut untuk donor darah setelah menjalani vaksinasi Covid-19, asalkan dilakukan setelah menjalani masa jeda setelah Vaksinasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar