Batuk Gejala awal Tertinggi di Varian Omicron

dr_amrulloh.jpg

KBRN, Lhokseumawe : Varian omicron dinilai memiliki gejala lebih ringan dibandingkan covid-19, hal tersebut dinyatakan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lhokseumawe, Dr Amrulloh, di Program Bincang pagi bersama RRI, Selasa (18/01/2022).

Menurutnya, meski gejala awal lebih ringan namun mutasi varian omicro lebih cepat dibandingkan varian covid-19, persentase gejala awal dari varian omicron saat ini lebih didominasi gejala batuk sekitar 80 persen, gejala muda lelah sekitar 65 persen, kemudian hidung tersubat 59 persen dan gejala demam 38 persen.

“ dimana kalau divarian sebelumnya itu lebih dominan hilang indra penciuman kalau ini Cuma 8 persen, kemudian ada demam, kalau di omicron ini berbeda persentasenya lebih tinggi gejala batuk “ pungkasnya.

Saat disinggung tetang apakah paparan omicron lebih ringan atau lebih berat covid-19, Ketua IDI Lhokseumawe, mengaku, sejauh ini belum ada hasil penelitian tingkat keparahan gejala omicron dan covid-19,

“ hanya di varian ini mutasinya lebih cepat dibandingkan covid-19, Pemerintah pun memprediksi akan terjadi peningkatan kasus tersebut di awal Februari mendatang “ terangnya.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar