Sosialisasi Jkn Kis, BPJS Gelar Edukasi Bagi Jurnalis Secara Virtual

KBRN Lhokseumawe : Mensosialisasikan Program Jkn Kis kepada masyarakat, BPJS kota Lhokseumawe Gelar Edukasi kepada Jurnalis secara Virtual, Selasa (28/09/2021).

Di ikuti sekitar 20 Jurnalis tergabung Organisasi AJI Lhokseumawe, Edukasi tersebut Diwali Kata sambutan ketua AJI Lhokseumawe Irmansyah,

Pada kesempatan pertama Kabit kepersertaan dan pelyanan Muhammad Taufik, memberikan pemahaman tentang kepersertaan dan pelayanan  yang harus diketahui oleh peserta JKN kis. 

Sementara pada sesi kedua dr. Desi Prasinta Kabidang Manfaat Rujukan, menjelaskan ada beberapa hal yang mengakibatkan pelayanan tidak dijamin BPJS,.

Salah satunya disebutkan Pelayanan tidak dijamin adalah pelayanan yg dilakukan dirumah Sakit tidak bekerja sama dengn Bpjs, atau pelayanan diluar rumah sakit tertentu yang berada diluar Daerah tidak ditanggung BPJS,

kemudian pelayanan kecelakaan, kecelakaan lalu lintas tudak dijamin bpjs,karena sudah ditanggung jasa raharja

.“Diantaranya adalah Pelayanan meratakan gigi, serta gangguan kesehatan penyakit akibat ketergangtungan obat, lalu pelayanan kesehatan akibt bencana pada masa tanggap darurat, serta pelayanan kesehatan akibat tindak pidana penganinyaan, dan perawatan kecantikan,termasuk pelayanan kesehatan karena kecelakaan lalu lintas. 

"sedangkan untuk kecelakaan itu juga tidak ditanggung karena sudah ditangani Jasa Raharja sesuai surat keterangan dari kepolisian”

Selian itu juga dijelaskan tentang prosudur Pelayanan Kesehatan, dimulai dari Pemeriksaan Medis Puskesmas untuk merujuk pasien yang akan dirawat Inap di Rumah Sakit.

Sementara pada bagian akhir dalam sesi tanya jawab kabid kemanfaatan rujukan, Dr.Dessy prasintamenegaskan tidak ada kutipan iuran biaya tambahan dikenakan kepada pasien dirawat diruang tidak tidak sesuai ketentuan fasilitas golongan. Seperti fasilitas rawatan kelas 1 yang dirawat diruang kelas Vip yang tidak disetujui oleh pasien.  

“ika itu keinginan atau permintaan pasien maka itu bukan masalah, tapi jika ada keluhan serupa pasien tidak meminta namun diminta iuran jasa kamar maka pihak pasien yang tidak meminta silahkan buat pengaduan melaui web Jkn kis,  dan kami akan menegur pihak rumah sakit menyalahi aturan yang sudah disepakati pihak rumah sakit dan BPJS. Jelas dr. Dessy Kabit manfaat rujukan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00