Dinkes Aceh Timur Wajibkan RS Graha Bunda Lakukan Rapid Tes Antigen Kepada Pasien

kadiskes Aceh Timur

KBRN, Aceh Timur : Dalam rangka  percepatan penanganan Covid- 19 di Kabupaten Aceh Timur, dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat di tengah Pandemi Covid-19. Dinas Kesehatan Aceh Timur mengimbau Rumah Sakit Umum Graha Bunda Idi untuk semua pasien yang dirujuk ke rumah sakit tersebut wajib melakukan Rapid Tes Antigen.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur, Sahminan, saat dihubungi RRI, Sabtu (12/06/2021) siang, mengatakan, terkait pemberlakukan Rapid Tes Antigen untuk pasien yang dirujuk, pihaknya telah mengirim surat ke rumah sakit tersebut.

“Pihak kita telah mengeluarkan imbauan kepada RS Graha Bunda sejak tanggal 25 Mai 2021. Surat tersebut kita tujukan kepada Direktur RS Graha Bunda,”papar Sahminan.

Ia menambahkan, kendati pun rumah sakit tersebut bukan rumah sakit rujukan, “namun untuk penanganan Covid 19 dalam wilayah ini, kita wajibkan setiap rumah sakit lakukan rapid tes antigen,” papar Sahminan.

Sahminan, juga mengharapkan kepada pihak rumah sakit dan paisen yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan untuk senantisa menjaga protokol kesehatan dengan ketat, seperti memakai masker, mencusi tangan dan jaga jarak saat antrian di Poly Klinik.

Sementara itu, Humas RS Graha Bunda, saat dikomfirmasi RRI, mengatakan pihaknya selama ini setiap pasien rujukan dari Puskesmas dalam wilayah Aceh Timur dan pasien lainnya tetap melakukan Rapid Tes Antigen.

“Jika pasien tersebut mendapat hasil reaktif, maka pasien tersebut akan kita rujuk ke RSUD- ZM Idi, karena rumah sakit kitya bukan rumah sakit rujukan Covid-19,” papar Humas RS Graha Bunda singkat.

Tambahnya, untuk protokol kesehatan, pihaknya mengaku telah menerapkan protokol kesehatan teramsuk menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak, tidak hanya untuk tenaga medis, “namun protkes juga kita terapkan untuk keluarga pasien yang berkunjung. Kita tidak mengizinkan keluarga pasien yang tidak menggunakan masker masuk ke menjenguk keluarganya,” demikian Humas RS Graha Bunda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00