Krueng Saweuk Kian Populer di Aceh Utara

KBRN, Aceh Utara: Status Zona Kuning yang disandang Kabupaten Aceh Utara karena serangan Wabah Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia, tidak menyurutkan minat warga lokal datang ke lokasi pemandian sungai dan air terjun buatan kawasan Krueng (Sungai-red) Saweuk, Gampong Saweuk, Kecamatan Kuta Makmur.

Bahkan belum dua tahun selesai ditata dengan Anggaran Dana Desa (DD), lokasi wisata tersebut sudah dikenal dan populer hingga ke Kabupaten tetangga seperti Kota Langsa, Bireuen, serta warga Ibukota Banda Aceh.

Menurut Amir (30) salah satu tim keamanan dan ketertiban panitia pengelola wisata pemandian Krueng Saweuk Kuta Makmur Aceh Utara, pada hari raya Idul Fitri tahun 2020 kemarin, jumlah kunjungan mencapai 10 ribu orang perhari.

"Pengunjung na yang dari Langsa, na yang dari Bireuen, malah na yang dari Banda Aceh. Sekitar Aceh Utara ngen Kota Lhokseumawe yang paleng kayeim (Pengunjung ada yang dari Langsa, dari Bireuen, bahkan ada yang dari Banda Aceh)", ujar Amir, kepada RRI, Minggu (19/07/2020) menjelaskan asal pengunjung dan yang paling sering datang berkunjung.

Sedangkan pada hari - hari biasa, masyarakat yang datang berkunjung tetap ramai pada hari Sabtu dan Minggu, lanjutnya.

Pengunjung Krueng Saweuk Aceh Utara

Apa saja yang menjadi daya tarik dari lokasi wisata yang satu ini, sampai menyedot begitu banyak minat dan perhatian dari warga Aceh ?

Dari hasil pantauan yang dilakukan RRI, pemandian sungai Krueng Saweuk sebenarnya masih anakan sungai (bukan sungai utama) yang sumber airnya mengalir dari Air Terjun Blang Kolam yang ada di dalam kawasan Kecamatan yang sama.

Untuk diketahui, Air Terjun Blang Kolam Aceh Utara setinggi 15 meter mengalir deras ke dalam lembah dan diapit perbukitan sehingga membentuk seperti kolam dibawahnya.

Nah, di lembah tersebut selama ini warga memanfaatkan airnya untuk wisata pemandian dari sejak lama. Uniknya lagi, untuk mencapai wisata Air Terjun Blang Kolam harus ditempuh dengan berjalan kaki menaiki lebih dari 500 anak tangga.

Air Terjun Blang Kolam Aceh Utara

Sedangkan wisata sungai Krueng Saweuk sumber airnya mengalir dari Air Terjun Blang Kolam. Warga masyarakat setempat mengelola lokasi itu dengan membentuk Badan Usaha Milik Gampoeng (BUMG). Menata sungai dengan membangun aliran air bertingkat mirip air terjun, kemudian mendirikan pondok-pondok wisata kuliner didalamnya.

Pengunjung tetap ditawarkan dengan panorama alam hijaunya pepohonan perbukitan di sisi sungai serta air sungai jernihnya menarik minat pengunjung untuk mandi dan berendam di dalamnya. Terasa segar dan adem karena jernihnya air didalam sungai tersebut.

"Sungai ini sumber airnya berasal dari air terjun Blang Kolam. Pertama dibuka dua tahun yang lalu. Hanya saja kembali populer setelah ditata lagi oleh Gampong dengan dana desa, serta saat hari raya idul fitri kemarin, pengunjung membludak. Kalau hari biasa gini hari Sabtu dan Minggu yang padat", ujar Amir yang menjelaskan hal itu dalam bahasa Aceh.

Dia juga mengungkapkan, sebagian besar pemuda setempat kini dipekerjakan dalam usaha lokasi wisata Krueng Saweuk Aceh Utara. Mereka kebanyakan sebagai penjaga pintuk masuk, petugas pemungut tiket masuk, hingga penjaga tempat parkiran kendaraan, juga berjualan kuliner di dalam lokasi wisata yang satu ini. Semoga Berkah, Amin!

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00