Virus Corona Mewabah, Warga Aceh Utara Lafalkan 'Waqulja' Keliling Kampung

KBRN, Lhoksukon: Bagi warga masyarakat Aceh, Wabah penyakit Virus Corona (Covid-19) hampir sama dengan wabah penyakit yang pernah terjadi pada zaman dahulu yakni penyakit "Ta'un Ija Brok"

Menurut warga penyakit "Ta'un Ija Brok" itu adalah berbagai jenis penyakit yang menyerang hewan maupun menyerang manusia. 

Berdasarkan pengalaman para pendahulu (Indatu) masyarakat Aceh, cara ampuh mengusir wabah penyakit yang menggroti suatu wilayah adalah dengan memperbanyak kegiatan keliling kampung sambil mengarak "Panyoet" (sejenis obor) ditambah mengumandangkan bacaan sebagai berikut:

"Waqulja Alhaqqu Wazahaqal Bathil, Innal Bathilaka Nazahuqa". 

yang artinya Dan Katakanlah, Yang Benar Itu Telah Datang Dan Yang Bathil Itu Telah Lenyap, Dan Sesungguhnya Yang Bathil Itu Akan Hancur Binasa (Qs: Al-Isra', Ayat 81).

Demikian penjelasan salah seorang tokoh masyarakat sekaligus Tuha Peut perangkat Gampoeng (Desa) Keude Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Muhammad Ikbal bin Rusli, kepada RRI, Minggu (22/03/2020) menanggapi kegiatan keliling kampung membawa obor sembari membaca lafadz Waqulja, yang digelar pihaknya pada Sabtu malam, 21 Maret 2020. 

Tata cara pelaksanaan rinci Ikbal, warga setempat dipimpin pemuka agama terlebih dahulu melaksanakan shalat maghrib dilanjutkan shalat 'Isya berjama'ah, lalu melakukan Qunut Nazillah, kemudian berzikir dan berdoa bersama memohon doa tolak bala. 

Selanjutnya pengarahan tata cara pelaksanaan dari pemuka agama atau Teungku Imum (Imam) kemudian warga berkumpul dan memegang obor yang sudah dinyalakan dan seorang warga yang ditunjuk sebagai Mu'azzin mengumandangkan Azan di lokasi titik kumpul. 

Setelahnya warga berkeliling kampung sambil membacakan lafadz Waqulja hingga selesai dan berulang-ulang dengan suara yang keras. 

"Semoga kita semua dijauhkan dari wabah penyakit yang sekarang melanda bumi ini, Amin", ucap Ikbal, mengakhiri wawancara dengan RRI Lhokseumawe. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00