Budaya Gotong Royong Di Aceh Mulai Pudar

KBRN, Lhoksukon : Budaya Gotong royong di Aceh  khusunya di kecamatan Tanah Pasir, Aceh Utara, sudah hampir pudar, ini bisa dibuktikan masih ada masyarakat yang tidak partisipasi dalam kegiatan social di desanya  seperti gotong royong menjelang turun kesawah.

Imum Mukim Jrat Manyang Kecamatan Tanah Pasir, Tgk Razali  Irsyad didamping Ketua Forum Geuchik Kecamatan setempat, Zubir kepada RRI mengakui di sejumlah desa dalam Kecamatan Tanah Pasir, masih ditemukan kesadaran masyarakat ikut serta dalam kegiatan sosial sudah pudar.

“Kami merasa prihatin terhadap kurangnya kesadaran masyarakat dalam kegiatan sosial yang sangat mulia dan tanpa pamrih untuk mencapai suatu tujuan bersama, apalagi pada 20 Juni mendatang, petani akan turun kesawah, jika saluran maupun irigasi tidak dibersihkan akan menghambat air saat dialira ke sawah nantinya”terang tgk Razali, Rabu (12/6/2019). 

Menurutnya, selain meningkatkan kebersamaan dalam bermasyarakat dan membuat desa bersih, budaya gotong royong bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan rasa kekeluargaan yang sudah di wariskan leluhur sejak dahulu.

“Kami bersama Muspika telah meminta kepada seluruh Geuchik maupun aparatur gampong khususnya di kemukiman Jrat Manyang, untuk mengajak masyarakat mengalakkan kembali budaya gotong royong, sehingga tidak hilang ditengah masyarakat,” pinta Imum Mukim juga di iakan Geuchik Keude Jrat Manyang Abdul Munir. (FUL/ MS).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00