Budaya Seni Aceh "Meurukon" Turut Ramaikan HUT PAG Ke -6

KBRN Lhokseumawe : PAG kembali menyelenggarakan kegiatan eksternal untuk menyambut HUT Perta Arun Gas ke 6, tanggal 18 Maret 2019 nanti. salah satu kegiatan yang akan dilakukan adalah kegiatan dalail Khairat dan Seni Meurukon yang akan dilakukan selama 2 hari, di tanggal 1 & 2 Maret 2019. 

kegiatan ini dilakukan dengan tujuan membangkitkan seni dan budaya Aceh. Selain itu, seni Meurukon ini juga bertujuan mengajak seluruh Penduduk Aceh untuk kembali mengingat dan juga memahami seni dan budaya daerah dengan cara mempelajari dan mengembangkannya. 

Arif Widodo, President Director Perta Arun Gas menjelaskan bahwa kegiatan seni budaya ini diselenggarakan agar tercipta ikatan silaturrahmi di antara masyarakat yang lebih kuat. bukan hanya itu,  komunikasi dengan Tokoh Adat dan Masyarakat Lhokseumawe juga akan diperkuat dengan diselenggarakannya kegiatan ini. 

Dilansir dari Budaya Aceh, Pemerintah Aceh (2009), Meurukon adalah salah satu Tarian tradisional Aceh yang dimana tariannya ‘melakukan kegiatan/kajian rukun’. Meurukon awalnya dilakukan untuk memperdalam ajaran Islam sehingga dapat dikatakan bersifat edukatif. namun, seni budaya ini sudah dapat ditonton oleh masyarakat.Teknik penyajian adalah komunikasi dua jalur sehingga mengarah kepada berbalas pantun. Meurukon biasanya dilakukan dalam tim yang telah terlatih dengan baik. Tim terdiri dari lima belas orang, dipimpin oleh seorang syaikh rukon atau syaikhuna.

Arif juga menyebutkan selain kegiatan Meurukon, Ulang tahun PAG kali ini diselenggarakan dengan berbagai kegiatan yang bertemakan “ Solusi Untuk Terangi Negeri ”. Tema ini merupakan salah satu bentuk sinergitas antara perusahaan, masyarakat dan stakeholder terkiat. 

" Untuk itu akan ada berbagai kegiatan guna memeriahkan hari jadi Perusahaan, Seperti : Donor darah & Penyuluhan Kesehatan, Hospital visit oleh para pekerja PAG, bola kaki, pesta rakyat dengan Dalail Khairat dan Seni Meurukon, badminton,archery, kegiatan agama yang melibatlan masyarakat sekitar di 13 Desa binaan PAG, volley ball antar Perusahaan, Golf serta Gowes bersama", jelas Arif. (AL/MS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00