Perebutan Juara Umum API Awards 2022, Aceh Ditempel NTT dan Sumsel

KBRN,Lhokseumawe : Provinsi Aceh masih memimpin klasemen sementara perolehan suara di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2022 pada periode 1-30 Juni, dengan ditempel ketat oleh Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Sumatera Selatan.

Dari data yang dihimpun, dua nominasi dari Aceh berada di posisi puncak, masing-masing kategori cendera mata yaitu Tenun Putri Lindung Bulan dari Aceh Tamiang mengumpulkan 22,60 persen suara dan brand pariwisata Pesona Pesisir Timur Aceh dari Langsa meraih 11,79 persen.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Almuniza Kamal menyampaikan, periode pemungutan suara API 2022 sejatinya akan berakhir pada 31 Oktober 2022, sehingga masih ada waktu untuk mendukung 12 nominasi dari Aceh, sekaligus diharapkan dapat mempertahankan status juara umum yang diraih tahun lalu.

“Alhamdulillah, dari perolehan suara sementara sampai 30 Juni 2022, Aceh masih memimpin, Tentunya ini harus kita pertahankan hingga periode voting ditutup pada 31 Oktober 2022,” kata Almuniza Kamal, Kamis, 7 Juli 2022.

Ia berharap semua pihak turut mendukung dengan cara memberikan vote kepada 12 nominasi pariwisata di API Awards 2022. Kemudian terus melakukan promosi setiap destinasi wisata di daerah masing-masing.

Aceh yang berada di puncak klasemen pada periode bulan Juni, kata Almuniza, karena berkat kerja kolaborasi dan upaya promosi dengan beragam inovasi yang gencar dilakukan. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa masyarakat mulai sadar akan pentingnya pengembangan kepariwisataan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung Aceh agar berhasil jadi yang terbaik pada ajang API Awards tahun ini. Caranya, dengan melakukan vote kepada masing-masing nominasi yang masuk ke dalam 12 kategori API,” ajaknya.

Chairman Anugerah Pesona Indonesia Hiro Kristianto mengatakan, dalam penyelenggaraan API Awards yang ke-7 di tahun 2022 ini banyak bermunculan destinasi maupun produk pariwisata baik yang baru.

Setelah dimulai sejak Februari 2022, saat ini penyelenggaraan API Awards 2022 telah memasuki periode voting yang telah berlangsung sejak awal Juni 2022.

Dari data perolehan sementara, nominasi dari wilayah Pulau Sumatra masih mendominasi perolehan suara tertinggi untuk sementara ini.

“Dari perolehan suara sementara sampai 30 Juni 2022, persaingan untuk merebut kursi juara umum masih dipimpin oleh Provinsi Aceh dengan ditempel ketat oleh Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi NTT,” kata Hiro Kristianto dalam keterangan tertulis, Senin, 4 Juli 2022.

Sebagai informasi, masyarakat bisa langsung memberikan dukungannya melalui akun Instagram @ayojalanjalanindonesia, Youtube Channel APIaward, Facebook @API Award dan SMS premium.

Untuk SMS premium dukungan dapat dilakukan dengan cara mengirim SMS ke nomor 99386 (berlaku tarif premium untuk semua provider).

Sebagai contoh: untuk memilih Diving Gampong Iboih, ketik API 8D dan kirim ke 99386. Setiap dukungan pilihan yang masuk melalui SMS akan dihitung 2 suara.

Sementara masyarakat juga bisa memberikan dukungan dengan cara like dan comment dukungan di video promosi nominasi API 2022 yang sudah diunggah di YouTube Channel APIaward. Dukungan akan dihitung berdasarkan jumlah rata-rata view, like dan comment.

Hal tersebut juga berlaku untuk feed promosi nominasi yang sudah di upload di akun Instagram @ayojalanjalanindonesia. Warga bisa memilih 12 daftar pariwisata Aceh yang masuk nominasi, lalu menyukai postingan dan memberikan dukungan di kolom komentar.

Dukungan pilihan yang masuk dihitung berdasarkan jumlah rata-rata dari reach, like dan comment.

Selain itu, warga juga bisa memberikan dukungan di akun Facebook @apiaward. Dengan cara menyukai postingan yang di-upload lalu memberikan dukungan melalui komentar di setiap postingannya.

Berikut data perolehan suara (vote) nominasi pariwisata Aceh per kategori API 2022 dari seluruh channel vote (SMS, Facebook, Youtube dan Instagram) mulai dari 1 Juni hingga 30 Juni 2022:

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar