Tenun Dan Anyaman Pandan Aceh Timur Dipamer Pada Festival Meurah Silu

KBRN,Aceh Timur : Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Timur,  Ny.H. Fitriani D Hasballah, S.H,M.H menghadiri acara Festival Meurah Silu Karya Kreatif  Aceh - Gayo 2022. Acara ini dimotori oleh Bank Indonesia yang dipusatkan di Lapangan Musara Alun, Aceh Tengah, 25-26  Juni 2022

Dalam festival itu Tenun dan  Anyaman Pandan karya kerajinan tangan asal Kabupaten Aceh Timur  turut di pajang. Dalam ajang seleksi oleh Bank Indonesia wilayah Kerja Lhokseumawe dinyatakanKabupaten Aceh Timur  Lolos  Kurasi sehingga Kedua karya  tradisional dari nenek moyang ini dipilih oleh Bank Indonesia untuk ikut tampil dalam agenda bergensi tersebut.

"Kedua kerajinan tangan ini tenun dan Anyaman Pandan dipilih oleh Bank Indonesia untuk ditampilkan pada Festival Meurah Silu Karya Kreatif  Aceh - Gayo 2022. Ini sebuah kebanggaan dan apresiasi kita kepada Bank Indonesia," kata Ketua Dekranasda Aceh Timur  Ny.Hj. Fitriani D Hasballah.

Hj. Fitriani mengatakan kerajinan tenun yang dikaryakan di gampong Pelalu Kecamatan Simpang Ulim kini telah menjadi binaan Bank Indonesia. Kain- kain tenun  tersebut   juga dipromosikan oleh desainer- desainer terbaik Aceh di berbagai festival.

Hj. Fitriani juga menceritakan tahun 2010 lalu pemerintah Kab.Aceh  Aceh Timur  menghidupkan kembali tenun Tradisional itu. Ia menilai eksistensi warisan kerajinan Aceh wajib  terawat dan lestari.

"Alhamdulillah hasil karya tenun kita ini telah berkembang dan sudah banyak di lirik oleh desainer muda Aceh. Maka kita sekali lagi mengucapkan terimakasih kepada BI yang telah mendukung UMKM tenun kita," imbuh Fitriani seraya mengajak kaum muda ikut mengemari  tenun Tradisional Aceh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar