Ini Dia Sosok yang Mendesign Museum Tsunami Aceh

KBRN,Lhokseumawe : Terkait peringatan Tsunami ini, ada cerita siapa sosok yang design Meseum Tsunami Aceh ?

Inilah pria,  yang mendesign Meseum Tsunami Aceh, tak lain adalah Gubernur Jawa Barat Dr. (H. C) H. Mochammad Ridwan Kamil.

Sang Gubernur Jawa Barat dalam Instagramnya menyebutkan, hari ini Minggu 26/12/2021) saya memenuhi undangan masyarakat Aceh melalui Gubernur Aceh untuk menghadiri peringatan 17 tahun peristiwa Tsunami Aceh

Atas takdirnya, di tahun 2007 masyarakat Aceh mempercayai saya untuk menitipkan memori kolektifnya terkait peristiwa ini dalam bentuk museum sebutnya.

Hari ini saya kunjungi lagi tempat yang saat diimajinasikan dulu, sangat memeras emosi batin ini. Ia didesain tidak hanya sebagai ruang pengingat saja namun juga sebagai ruang pembelajaran bagi anak-anak muda Aceh agar mampu menata masa depan lebih gemilang, katanya.

Selain itu Museum Tsunami ini didesain terbuka ramah kepada khalayak sehingga bisa dijadikan ruang interaksi publik harian. Atapnya didesain sebagai ruang penyelamatan jika terjadi musibah serupa. Didesain memiliki kearifan lokal yaitu tari Saman yang menjadi inspirasi kulit bangunannya, ucapnya.

Ditengahnya terdapat atrium yang memuat bendera dan bola batu bertuliskan negara-negara sahabat yang menolong Aceh saat tanggap darurat dahulu. Juga teristimewa hadirnya cerobong menjulang tempat khusus untuk mendoakan ribuan warga Aceh yang berpulang oleh peristiwa tersebut, ujarnya.

Sejak dibangun, ribuan orang setiap bulannya. Sehingga tahun ini Alhamdulillah terpilih sebagai Destinasi Wisata Terpopuler di ajang Anugerah Pariwisata Indonesia 2021. Selamat untuk warga Banda Aceh, sebutnya.

“Aceh, MeutuahkuSekejap sakit, lantas lekas bangkitTikungan luka lunas sudahJalan panjang masa depan merekahkan cahaya gemilang” ungkapnya lagi.

Salam hormat untuk masyarakat Aceh dari masyarakat Jawa Barat, pungkas Gubernur Jawa Barat mengakhiri keterangan dalam instagramnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar