Kadisbudpar Aceh Kunjungi Makam Pocut Meurah Intan

KBRN,Blora : Delegasi dari Pemerintah Aceh yang diwakili oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh bersama Badan Penghubung Pemerintah Aceh melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Jawa Tengah dalam rangka tindak lanjut amanah Gubernur Aceh Nova Iriansyah bersama dengan Bupati Blora terkait penataan Makam Pahlawan Pocut Meurah Intan.

Tm delegasi bersama rombongan dari Pemerintah Kabupaten Blora juga menggelar ziarah ke makam Pocut Meurah Intan yang turut dihadiri pula oleh masyarakat setempat.Jumat (3/11/21).

Dalam ziarah tersebut, Jamaluddin juga menjelaskan, setelah kunjungan kerja dua hari ini akan segera membahas dengan Pemerintah Aceh untuk membentuk panitia terkait pembangunan makam Pocut Meurah Intan.

“Ini menjadi sebuah tindaklanjut dari hubungan saudara antara Pemerintah Aceh dan Provinsi Jawa Tengah serta Pemerintah Kabupaten Blora, maka dari itu akan kita buatkan SK untuk panitia pembangunan dan pemugaran makam Pocut Meurah Intan,” sebutnya.

Lebih lanjut, kata Jamaluddin, Pemerintah Aceh sendiri juga akan memasukkan anggaran pembangunan makam ini pada tahun 2022, sementara dari Pemerintah Kabupaten Blog juga akan menyiapkan dana untuk pembangun fisik.

Usai ziarah ke makam Pocut Meurah Intan, tim delegasi Aceh beserta rombongan juga menyempat diri berziarah ke makam Panglima Mahmud.

“Panglima Mahmud adalah pengawal dari Pocut Meurah Intan yang juga bersamaan di buang ke Blora oleh Belanda. Ia menikah dengan orang Blora dan memiliki delapa orang anak dan meninggal pada tahun 1955,” sebut Jamaluddin.

Menurut cucu Panglima Mahmud, tambah Jamaluddin, selama pengasingan di Blora, Pocut Meurah Intan sering diajak berdiskusi dengan masyarakat Blora dan tak luput pula, Pocut juga melakukan pengajian di wilayah tersebut hingga akhir hayat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar