Derita Janda 4 Anak Menjadi Tulang Punggung Keluarga

Janda 4 Anak Menjadi Tulang Punggung

KBRN, Aceh Utara : Asmara (44) seorang janda dengan empat orang anak. Selain sebagai ibu juga berperan sebagai kepala keluarga (KK) dan menjadi tulang punggung keluarga untuk menafkahi dua dari empat anak laki-lakinya yang masih remaja, sedangkan dua anak perempuan lainnya sudah berkeluarga.

Janda empat anak asal Gampong Blang Kecamatan Tanah Pasir Aceh Utara ini, bukanlah seorang karyawan atau pegawai yang memiliki penghasilan tetap setiap bulan, Namun sejak 4 tahun terakhir atau sejak pisah dengan suaminya, untuk menyambung hidup bersama bersama dua anaknya laki-lakinya Riza (18) dan Fahmi (14) terpaksa harus menjadi buruh tani dan menjual makanan ringan di kios miliknya ukuran 3 x 4 meter persegi.

Asmara janda empat ini yang masih menumpang di rumah Gubuk orang tua berukuran 4 x 6 meter persegi berdinding papan dan baratap seng mengaku, selain menafkahi kedua anaknya juga menafkasi dan mengurus ibunya Habibah (80) yang saat ini sedang sakit menahun dirumah,

“Semenjak pisah dengan suaminya untuk menyambung hidup, saat turun kesawaha menjadi buruh tani dengan diupah setengah hari Rp40 ribu, untuk menambah kebutuhan hidup saya juga membuka kios di depan rumahnya,”kata Asmara, Sabtu (1/5/2021).

Ia menyebutkan, ia membuka kios didepan rumah baru dua tahun terakhir, karena sejak 4 tahun pisah dengan suaminya, harus mencari nafkah sendiri untuk kebutuhan anak-anaknya baik sekolah maupun lain.

“Mantan suami hanya memberikan uang jajan untuk anaknya jarang, kadang-kadang dalam seminggu sekali hanya Rp10 ribu, dan membeli baju lebaran setahu sekali, sedangkan lainnya seperti daging meugang dan kebutuhan dapur saya beli sendiri, baik unag dari upah sawah maupun hasil dagangan dikios,”keluhnya.

Menurutnya meskipun kehidupannya serba kekurangan, Ibu empat anak ini tetap bersyukur dan tetap semangat menjalankan ibadah puasa bersama dua anak lelakinya serta ibunya, Alhamdulliah ia juga tercatat program keluarga harapan (PKH) sehingga bisa membantu biaya hidup .

“Saya mengharapkan kepada pemerintah, untuk bisa memberikan rumah bantuan layak huni untuk kami, sehingga saya bisa menghabiskan masa hidup bersama dua anaknya dan ibunya,”hatapnya,

Demikian saudara sepenggal kisah kehidupan Janda empat anak asal Gampong Blang Kecamatan Tanah Pasir Aceh Utara yang menjadi tulang punggung keluarga untuk menafkahi anak dan ibunya yang sedang sakit.

Oleh karena itu kita yang memiliki kelebihan rezeki dapat membantu meringankan beban kehidupan orang-orang yang membutuhkan seperti janda empat anak ini, Jika ada yang mau bersedekah bisa menyalurkan melalui RRI Lhokseumawe, karena menjelang akhir puasa, tim berkah ramadhan RRI Lhokseumawe akan mengantar langsung bantuan atau sedekah dari donatur kepada sejumlah penerima

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar