Replanting Lahan Sawit Untuk Tanam Jagung di Kuta Makmur Aceh Utara

KBRN, Aceh Utara : Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani 'Tunas Muda Usaha Beuna', Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara, memanfaatkan 100 hektar lahan replanting kelapa sawit di Kawasan Gampong Sido Mulyo, kecamatan setempat, Rabu (1/7/2020).

Penanaman jagung rakyat itu dan penyerahan benih jagung sebanyak 1.500 kilogram berasal dari  Dinas Pertanian Provinsi Aceh disalurkan melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara, diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusufdi hadiri Kepala Dinas Pertanian Aceh Utara, Mukhtar, Muspika setempat dan undangan lainnya.

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf menyebutkan penanaman jagung rakyat di areal replanting sawit  merupakan bagian dari program ketahanan pangan mengantisipasi wabah pandemi virus Covid-19 dan bantuan benih jagung sebanyak 1.500 Kilogram dan pupul 10 ton dapat menjadi sumber ekonomi petani.

“Program penanaman jagung di atas lahan replanting kelapa sawit sebelumnya sudah dilakukan di areal replanting tanaman sawit di Gampong Cot Dah Kecamatan Tanah Luas, dengan luas areal sekitar 50 hektar, dan akan berlanjut di sejumlah kecamatan lain, diantaranya Lhoksukon, Sawang, Langkahan dan Cot Girek,”terang Fauzi Yusuf.

Dikatakan, Penanaman jagung rakyatini akan diawasi oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara dan penyuluh setiap kecamatan,maka jika ada  kendala maupun permasalahan untuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui dinas terkait.

“Pemerintah sedang melakukan program peremajaan sawit rakyat yang usianya sudah lebih 25 tahun. Dalam tahun 2019 sedikitnya dilakukan peremajaan (replanting) seluas 2.080 hektar tersebar di 10 lokasi dalam wilayah Aceh Utara, sehingga menjadi pembangkit ekonomi petani, khususnya yang tanaman sawitnya dalam masa replanting.”pungkasnya.

Sementara ketua Kelompok Tani 'Tunas Muda Usaha Beuna, M Ruslan saat di Konfirmasi RRI menyebutkan, dengan ada bantuan bibit jagung ini, para petani bisa semangat lagi bertani, khususnya dalam menanamkan jagung ini. sehingga bisa mendongkrak perekonomian para petani di tengah Pandemi Covid-19.

"Saat ini jumlah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani 'Tunas Muda Usaha Beuna, sekitar 20 orang, dan jika ada petani lain tidak tergabung dalam kelompok tani dan mau menanam jagung ini, kami juga akan memproritaskan, dan kami targetkan 1 bulan penanaman diareal sekitar 100 hektar,"terangnya.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00